Tuntut polisi bebaskan 8 demonstran 1 Desember, massa gelar aksi duduk di depan Polres Ternate

1 Desember
Puluhan aktivis Front Rakyat Indonesia untuk West Papua, Aliansi Mahasiswa Papua, dan Liga Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi di Ternate, Maluku Utara, menggelar aksi duduk di depan Markas Kepolisian Resor Ternate, Kamis (1/12/2022) petang, untuk menuntut pembebasan delapan rekan mereka. - Dok. Anton Trisno

Jayapura, Jubi – Puluhan aktivis Front Rakyat Indonesia untuk West Papua, Aliansi Mahasiswa Papua, dan Liga Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi di Ternate, Maluku Utara, menggelar aksi duduk di depan Markas Kepolisian Resor Ternate, Kamis (1/12/2022) petang. Mereka menuntut polisi membebaskan delapan rekan mereka yang ditangkap dalam demonstrasi peringatan 1 Desember di Ternate pada Kamis siang.

Ketua Departemen Penyatuan Gerakan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Anton Trisno mengatakan hingga Kamis malam massa aksi masih bertahan di pelataran Polres Ternate.  ”Kawan kami ditangkap polisi saat menggelar unjuk rasa peringatan kemerdekaan embrio bangsa West Papua pada 1 Desember 1961,” kata Anton.

Mereka yang ditangkap polisi itu adalah Jack (aktivis FRI-WP), Hengky (aktivis AMP), Dino (aktivis AMP), Susan (aktivis AMP), Malo (aktivis LMID ), Kama (aktivis LMID), Rino (individu), dan Gelombang (individu). Ia menyatakan para demonstran yang berunjuk rasa pada Kamis tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Kami menyampaikan aspirasi secara damai. Dalam aksi tadi terlihat jelas bahwa tukang ojek disusupi untuk membubarkan massa aksi. Kami menilai itu perlakuan keliru terhadap kami, mahasiswa, dalam konteks penyampaian aspirasi,” katanya.

Ia meminta polisi segera membebaskan delapan rekannya. “Kami masih mendesak agar Kapolres Ternate segera membebaskan 8 [aktivis] yang masih ditahan. [Kami menuntut mereka dibebaskan] tanpa syarat,” katanya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250