Papua No.1 News Portal | Jubi

Robby Kepas Awi, Penjabat Sekda Kota Jayapura

Writer: La RamahEditor: Dewi Wulandari
Robby Kepas Awi
Penjabat Wali Kota Jayapura saat melantik Robby Awi sebagai Penjabat Sekda Kota Jayapura, Kamis (23/6/2022). - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, melantik Robby Kepas Awi sebagai Penjabat Sekretaris Daerah atau Sekda Kota Jayapura. Penunjukkan penjabat sekda karena sekda definitif tidak bisa menjalankan tugas yang mendapat penugasan sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2018.

“Penjabat sekda menjalankan tugas dan wewenang serta tanggung jawab sama dengan sekda definitif,” ujar Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, usai melantik Robby Kepas Awi sebagai Penjabat Sekda Kota Jayapura di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (23/6/2022).

Dikatakan Pekey, tugas penjabat sekda mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja dan anggaran pemerintah daerah atau ketua tim anggaran, mengkoordinasikan penyusunan berbagai kebijakan daerah.

Lanjutnya, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dari semua perangkat daerah, mengkoordinasikan pelayanan administrasi dan pembinaan ASN di lingkungan Pemkot Jayapura.

Baca juga :   Mobil terjun ke Danau Anggi, tiga teknisi PT GPA tewas

Melaksanakan urusan administratif kepala daerah, melaksanakan koordinasi, komunikasi dengan berbagai stakeholder, melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh wali kota.

“Itulah tugas yang diemban penjabat Sekda Kota Jayapura sampai dilantiknya Wali Kota Jayapura definitif,” ujar Pekey.

Menurut Pekey, di tengah tugas dan tanggung jawab tersebut, sekda harus memiliki integritas, disiplin kerja, loyalitas terhadap tugas dan perintah atasan, dan memiliki kecakapan.

Selain itu, dikatakan Pekey, penjabat sekda memiliki ketepatan dalam tugas dan pengambilan keputusan serta membantu kepala daerah meringankan tugas dalam menyelesaikan permasalahan.

“Selalu melakukan koordinasi, konsultasi dengan Penjabat Wali Kota dalam mengambil tindakan dan menyelesaikan permasalahan program pembangunan,” ujar Pekey.

Dikatakan Pekey, dengan tugas berat dan luas itu, maka penjabat sekda harus sehat jasmani dan rohani, memiliki etos kerja dan produktivitas kerja sehingga bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca juga :   Pemprov Papua minta Satgas Pangan aktif kendalikan harga

“Saya yakin dan percaya, karena penilaian saya Robby Kepas Awi memiliki komitmen, kinerja dan integritas tinggi, mampu menjadi pemimpin dan menjalankan kepemimpinan yang baik,” ujar Pekey.

Penjabat Sekda Kota Jayapura, Robby Kepas Awi berharap bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepadanya.

“Saya mohon bantuan dan kerja sama semua ASN Pemkot Jayapura agar bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai harapan pemerintah daerah, masyarakat, dan negara,” ujar Awi juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250