Rayakan HUT ke-59, SMPN 1 Jayapura berharap hasilkan lulusan berkarakter profil pelajar Pancasila

SMPN 1 Jayapura
Kepala SMPN 1Jayapura, Purnama Sinaga, bersama guru dan komite sekolah serta alumni saat pemotongan nasi tumpeng dan tiup lilin kue ulang tahun, Senin (26/9/2022). - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Senin, 26 September 2022, halaman Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri atau SMPN 1 Jayapura terlihat meriah dengan kebahagiaan peserta didik, alumni, komite, paguyuban, tamu undangan, hingga guru.

“Diawali dengan ibadah syukur sekaligus launching berbagai jenis kegiatan, seperti lomba kebersihan, lomba fashion show, dan lomba konten kreatif,” ujar Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga.

Dikatakannya, kemeriahan itu karena berbagai kegiatan ditampilkan untuk menyemarakkan HUT ke-59 SMPN 1 Jayapura, mulai dari tari-tarian daerah, seperti tari Yospan khas Papua, dari Jawa, Sulawesi hingga Maluku serta berbagai kreativitas dari daur ulang sampah dijadikan pakaian, topi, dan tas.

“Hal itu sesuai tema sekolah yang kini berusia 59 tahun atau dari 26 September 1963 – 26 September 2022, mandiri, kreatif, inovatif, dan berkarakter profil pelajar Pancasila,” ujar Purnama.

Dikatakannya, profil pelajar Pancasila ini membantu anak-anak tumbuh menjadi generasi cerdas serta berkarakter dapat menghadapi dunia karir dan era globalisasi.

“Lulusan bermutu berdaya saing dan berkarakter bukan menjadi tugas guru semata tapi dibutuhkan kolaborasi orang tua, sekolah, pemerintah, penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran berkualitas,” ujarnya.

Purnama berharap dapat meningkatkan mutu pendidikan baik akademik, seni, dan olahraga, sehingga menghasilkan kualitas lulusan atau output dan berhasil.

Ketua Komite SMP Negeri 1 Jayapura, Tony Wanggai, berharap sekolah ini tetap mempertahankan kejayaan sebagai barometer pendidikan di Papua hingga tingkat nasional.

“Kami mempunyai guru penggerak dan kepala sekolah teladan. Sebagai alumni kita harus bangga, karena sekolah kita terus berkreatif, inovatif, dan berkarakter profil pelajar Pancasila,” ujarnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250