Pola asuh orang tua berdampak pada perkembangan anak

Pola Asuh
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura, Betty Puy. Jubi/Ramah

 

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura, Betty Puy mengatakan, pola asuh orang tua berdampak pada perkembangan anak agar menjadi lebih baik.

“Misalnya, kamu itu kasih contoh yang baik ke anak, kata ibu. Sementara ayah juga suka bilang, jangan marah-marah bu nanti anaknya ikutin,” ujar Puy di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (26/8/2022).

Lanjutnya, ungkapan dan perilaku orang tua akan selalu diikuti anak, namun yang mendorong anak mengikuti orang tuanya karena hubungan yang dibangun antara orang tua dan anak.

“Meniru tidak selalu perilaku, meniru bisa dari keseharian yang anak lihat dari orang tuanya. Misal jika anak perempuan melihat ibunya selalu mengikat rambut atau menyapu, maka anak juga akan mengikuti,” ujarnya.

Untuk itu, dikatakannya, kepedulian orang tua harus diutamakan untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya agar ke depannya berkembang dengan baik.

“Misalnya anak pulang jam berapa, aktivitasnya diawasi seperti dengan siapa dia bergaul harus diperhatikan agar anak tidak salah pergaulan, yang justru merusak anak,” ujarnya.

Dikatakannya, anak-anak salah pergaulan bebas, sehingga terlantar yang justru mendorong anak melakukan hal hal yang merugikan diri sendiri karena kurangnya harmonis orang tua, dan orang tua dan anak

“Anak-anak muda sekarang kalau tidak seks, tidak miras mereka tidak bisa berbaur dengan teman teman mereka. Pola asuh di tengah-tengah keluarga harus ditingkatkan agar anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai yang diharapkan orang tua,” jelasnya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250