Papua butuh tambahan 4.652 tenaga penyuluh pertanian dan peternakan

Kekurangan Tenaga Penyuluh di Papua
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa di Kota Jayapura, Rabu (3/8/2022). - Jubi/Alexander Loen

Jayapura, Jubi – Hingga kini, Provinsi Papua baru memiliki 897 tenaga penyuluh pertanian dan peternakan. Jumlah tersebut terhitung masih kurang, mengingat ada 5.549 kampung yang tersebar di seluruh Provinsi Papua.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa mengatakan keberadaan penyuluh sangat penting. Penyuluh pertanian dan peternakan memiliki tugas mengajarkan inovasi dan teknologi agar petani bisa bercocok tanam dengan baik, dan peternak berhasil.

Baca juga :   Pemkot Jayapura memperkuat kelembagaan adat

Siriwa menyatakan idealnya setiap kampung di Papua didampingi oleh satu penyuluh, karena Papua memiliki potensi lahan dan komoditas lokal yang sangat melimpah. Apalagi, Papua memiliki aksesibilitas yang rendah.

“Penyuluh kami kadang kesulitan menjangkau kampung tertentu, baik yang ada di wilayah pegunungan maupun lembah. Papua kekurangan tenaga penyuluh sebanyak 4.652 orang,” kata Siriwa di Kota Jayapura, Rabu (3/8/2022).

Comments Box
Baca juga :   Delegasi G20 dukung tiga isu pokok bidang pertanian
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga

banner 728x250