Memimpin HUT ke-77 RI di Tembagapura, Bahlil optimis perekonomian Indonesia terus bangkit

Bahlil
Menteri Investasi dan BKPM menjadi inspektur upacara HUT ke-77 RI di Tembagapura, Papua Pegunungan. – Jubi/Corcom PTFI

Timika, Jubi – Menteri Investasi merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyatakan sesuai dengan tema perayaan HUT ke-77 RI tahun ini “Pulih Lebaih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, perekonomian Indonesia akan terus bangkit dari keterpurukannya akibat pandemi COVID-19 yang terjadi sejak 2019 lalu.

Hal itu disampaikan Bahlil Lahadalia saat menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun atau HUTke-77 RI keluarga besar PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, Rabu (17/8/2022).

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menekankan peran penting hilirisasi industrialisasi sumber daya alam (SDA) untuk jadi salah satu pendorong ekonomi.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8/2022), 16 Agustus 2022, Bahlil menjelaskan bahwa salah satu faktor pendorong perekonomian Indonesia saat ini yaitu hilirisasi industri sumber daya alam.

Bahlil menyatakan pemerintah telah melakukan pelarangan ekspor barang mentah yaitu nikel, dan akan dilanjutkan dengan pelarangan ekspor bauksit pada 2022 dan timah pada 2023.

“Pelarangan ini sebagai cara agar hilirisasi dilakukan di dalam negeri sehingga memberikan nilai tambah yang tinggi dan juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia,” katanya, Rabu.

Oleh karena itu Bahlil mengapresiasi langkah Freeport dalam membangun smelter terbesar di dunia yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Ia berharap pembangunan smelter tembaga kedua PTFI ini dapat berjalan sesuai dengan target yakni akan selesai pada akhir tahun 2023 dan mulai beroperasi pada Mei 2024.

“Kementerian investasi/BKPM berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap PT Freeport Indonesia dalam merealisasikan rencana investasi tersebut,” ujarnya.

Bahlil
Upacara bendera memperingatan HUT ke-77 RI keluarga besar PT Freeport Indonesia di Tembagapura. – Jubi/Foto Corcom PTFI

Bahlil Lahadalia memimpin upacara HUT ke-77 Republik Indonesia yang dilaksanakan keluarga besar Freeport Indonesia yang bekerja di dataran tinggi dan upacara bendera dipusatkan di lapangan sepak bola Sporthall Tembagapura, Mimika, Papua.

Bahlil mengatakan kebanggaannya sebagai seorang putra Papua yang besar dan berproses di Bumi Cenderawasih dan dapat mengikuti peringatan HUT RI tahun ini.

Tahun ini PT Freeport Indonesia akhirnya menggelar upacara bendera dengan lengkap meskipun tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, pada 2021 juga sempat dilaksanakan upacara bendera namun dibatasi jumlah pesertanya karena jumlah kasus Covid-19 secara nasional sedang meningkat.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, bersama istri turut hadir dalam upacara HUT RI di Tembagapura. Selain itu seluruh direksi dan pimpinan PT Freeport Indonesia, pimpinan kontraktor, karyawan PT Freeport Indonesia bersama keluarga, personil TNI dan Polri yang bertugas di Tembagapura. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250