Makanan Nusantara dan Papua tersaji dalam tenda Wisata Kuliner HUT RI

Wisata Kuliner
Para pelaku usaha kuliner di Manokwari saat menggelar menu makanan di Wisata Kuliner, Jumat (12/8/2022), yang dihadiri penjabat Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari, dan Forkopimda Papua Barat. – Jubi/Adlu Raharusun

Manokwari, Jubi – Sebanyak 100 pelaku usaha kecil menengah (UKM) dihadirkan dalam kegiatan Wisata Kuliner yang diselenggarakan di separuh Jalan Percetakan Negara, Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (12/8/2022).

Berbagai makanan khas Papua dan Nusantara tersaji di deretan tenda pengadaan dari Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat. Deretan makanan yang tersaji antara lain keladi bakar, ikan rebus, makanan hasil olahan mangrove, coto Makassar, dan pempek Palembang.

Wisata Kuliner digelar oleh Pemerintah Papua Barat dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Acara dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari, dan sejumlah perwakilan Forkopimda Papua Barat.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengajak semua pihak agar menghargai kuliner khas Papua.

“Mari kita hargai kuliner kita dengan berpartisipasi membeli makanan mama-mama Papua yang ada,” kata Paulus Waterpauw.

Dia mengatakan bahwa makanan khas Papua memiliki ciri khas, enak, dan sehat untuk dikonsumsi. Iven semacam ini dapat membangkitkan UKM pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan juga Papua Barat.

“Saya kira ini masa-masa transisi sehingga ivennya seperti ini merupakan semangat awal. Tapi tahun depan kita buat organisasi yang jauh lebih besar untuk mendatangkan pejabat dari pusat untuk menikmati kuliner khas Papua,” tuturnya.

Wisata Kuliner
Para pelaku usaha kuliner di Manokwari saat menggelar menu makanan di Wisata Kuliner, Jumat (12/8/2022), yang dihadiri penjabat Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari, dan Forkopimda Papua Barat. – Jubi/Adlu Raharusun

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, Stevanus Selang, mengatakan Wisata Kuliner ini merupakan peringatan Hari UMKM ke-6 sekaligus HUT ke-77 RI. Selain menghadirkan pelaku usaha kuliner, pemerintah juga memberikan bantuan tenda dan kursi

“Bantuan tenda dan kursi diberikan atas permintaan dari seluruh kabupaten dan kota di Papua Barat,” kata Stevanus Selang.

Selain itu, Gubernur Papua Barat juga memberikan bantuan stimulus kepada 100 pelaku usaha yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Para pelaku usaha kuliner diberikan tenda bantuan pengadaan dari Pemerintah Papua Barat. Kegiatan ini digelar pukul 9.00 hingga 17.30 WPB. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250