Keluarga Alumni Uncen melantik pengurus cabang 8 kabupaten se-Lapago

Keluarga Alumni
Pembantu Rektor IV Uncen, Fredrik Sokoy, saat memberikan keterangan kepada awak media usai pelantikan pengurus cabang 8 kabupaten pemekaran di gedung Aithosa Wamena, Jayawijaya, Jumat (23/9/2022). – Jubi/Imma Pelle

Wamena, Jubi – Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Jumat (23/9/2022), melantikan pengurus tingkat cabang untuk delapan kabupaten pemekaran se wilayah Lapago, di Wamena, Jayawijaya.

Pengurus baru yang dilantik di antaranya Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Nduga, dan Kabupaten Pengunungan Bintang.

Wakil Rektor IV Universitas Cenderawasih, Fredrik Sokoy, mengatakan bagian dari komitmen Uncen untuk ambil bagian dalam pembangunan, selain kegiatan akademik dan non-akademik, juga program yang dikembangkan oleh para alumni di setiap daerah yang belum bisa diwujudkan, harus segera wujudkan.

“Salah satunya misalnya mereka akan menyampaikan kebutuhan-kebutuhan di daerah yang membutuhkan sumber daya manusia [SDM] itu juga akan dikomunikasikan dan konsolidasikan secepatnya supaya Uncen sebagai penyedia SDM segera bisa mengirim sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan daerah itu menjadi salah hal yang  utama dan pertama terutama dalam distribusi SDM itu merata, baik kita berada di pengunungan tengah [Papua] maka hal ini akan menjadi hal utama untuk kita konsolidasikan bersama,” ungkap Fredrik Sokoy.

Di tempat yang sama, Befa Yigibalom selaku Dewan Pimpinan Pusat (DPD) Keluarga Alumni Uncen, mengatakan ini merupakan satu perkumpulan yang lama jadi setelah alumni Uncen terbentuk pengurus mempunya kewajiban melaksanakan seluruh regenerasi dari pusat sampai ke tingkat cabang.

“Hari ini kami bersyukur bahwa peristiwa pelantikan itu telah terjadi,” kata Yigibalom.

Befa Yigibalom menambahkan organisasi alumni memang Uncen belum pernah mempunyai pengurus aktif. Harapannya, dengan pelantikan pengurus keluarga alumni Uncen di kabupaten se wilayah Lapago, mereka agar mengambil sedikit tangung jawab untuk mengambil dan mendata serta mengelola seluruh  potensi alumni yang ada di daerah masing-masing.

“Tugas dari universitas itu bahwa persebaran alumni itu penting untuk dilaporkan ke universitas untuk dijadikan sebagai salah satu bahan untuk Uncen memiliki badan hukum. Oleh sebab itu, di kabupaten-kabupaten lagi juga kami harapkan agar membentuk ikatan-ikatan alumni yang sama,” katanya.(*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250