Papua No.1 News Portal | Jubi

Kantor LBH Papua diteror orang tak dikenal

Writer: Theo KelenEditor: Syam Terrajana
LBH Papua
Direktur LBH Papua, Emanuel Gobay menunjukkan bangkai motor jenis CBR  yang dibakar orang tak dikenal.  Jubi/Theo Kelen.

Jayapura, Jubi – Kantor Lembaga Bantuan Hukum Papua atau LBH Papua di kawasan Kamkey, Kota Jayapura mendapatkan teror. Pelakunya belum ketahui. Orang tak dikenal membakar sebuah motor yang terparkir di dalam garasi mobil. Kejadian diperkirakan pada pukul 04.00 pagi, Senin (09/05/2022)

Direktur LBH Papua, Emanuel Gobay menuturkan akibat teror itu, satu unit  motor jenis CBR terbakar dalam garasi mobil kantor LBH Papua. Peristiwa itu terjadi ketika staf LBH sedang tidur. Tiba-tiba mendengar suara ledakan yang seketika membuat mereka bangun.

“Kami semua lagi tidur, tiba-tiba dengar suara ledakan kami semua kaget bangun,” kata Gobay kepada Jubi di Kantor LBH Papua, Senin (09/05/2020).

Gobay dan staf LBH Papua kemudian keluar dan mendapati kobaran api yang menyala dari arah dalam garasi mobil. Mereka kemudian dibantu warga sekitar memadamkan api.

Baca juga :   BEM Uncen usulkan pembangunan patung Arnold Ap

Penyebab kebakaran, kata Gobay sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Namun menurut kesaksian warga sekitar, ada yang melihat satu orang mengunakan jaket hitam bertopi lengkap dengan masker lari keluar dari lingkungan kantor LBH Papua dan langsung naik motor terus pergi.

LBH Papua
Sebuah mobil yang diparkir di di garasi mobil LBH Papua ikut terbakar pada aksi teror  orang tak dikenal  – Jubi/Theo Kelen

“Sementara itu dari hasil pemeriksaan di tempat kejadian ditemukan sumbu dan sebuah plastik yang di dalamnya terisi sisa bensin,” katanya.

Gobay menduga perbuatan ini dilakukan orang terlatih yang memiliki niat buruk terhadap kerja-kerja yang dilakukan LBH Papua. Menurutnya pembakaran ini cukup terencana.

“Temuan bukti di lapangan ini sudah menunjukkan bahwa kejadian tidak begitu saja terjadi tapi ini sudah direncanakan,” katanya.

Pihaknya, akan segera melaporkan kejadian ke Polda Papua. Gobay berharap polisi segera melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku untuk selanjutnya diproses sesuai hukum.

Baca juga :   KNPB nilai rentetan kebakaran “misterius” pintu masuk Mapolres baru di Dogiyai

Pantuan Jubi di lokasi kejadian sebuah motor CBR mengalami kerusakan parah akibat terbakar. Hanya tersisa ban depan. Sedangkan Mobil yang terparkir di dalam garasi ikut terbakar di bagian kanan dan kacanya pecah.

Seorang warga, Madi menuturkan mendengar suara ledakan sekitar pukul 4 pagi. Saat itu baru selesai jualan dan hendak beristirahat.”Suaranya besar sekali,” kata Madi kepada Jubi

Setelah mendengar ledakan pria 62 tahun tersebut tidak jadi tidur. Ia kemudian menuju ke lokasi ledakan dan melihat api berkobar di garasi mobil LBH Papua. “Dengar suara ledakan langsung ke sebelah (LBH) langsung ke sebelah,” ujarnya. (*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130
banner 400x130