Guru penggerak indikator prestasi sekolah

prestasi sekolah
Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga (kiri), bersama kolega saat merayakan HUT ke-59 SMP Negeri 1 Jayapura, Senin (26/9/2022). - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga mengatakan, guru penggerak adalah salah satu indikator prestasi sekolah.

“Guru penggerak mampu mendorong kepemimpinan murid sesuai dengan karakter dan kemampuan peserta didik,” ujar Purnama di SMP Negeri 1 Jayapura, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, guru penggerak dapat memajukan pendidikan dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.

“Menciptakan proses belajar mengajar yang membuat peserta didik semangat belajar baik di bidang akademik, seni budaya, olahraga,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, guru penggerak dapat menorehkan prestasi di sekolah dengan membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru serta pemangku kepentingan baik di dalam di luar sekolah.

“Kami baru ada satu orang guru penggerak dan dua orang sedang mengikuti diklat. Semoga semakin banyak lagi guru penggerak di sekolah kami,” ujarnya.

Purnama berharap dengan banyaknya guru penggerak di SMP Negeri 1 Jayapura dapat menjadi praktik baik bagi sesama guru demi pengembangan pembelajaran, sehingga sekolah terus berprestasi.

SMPN 1 Jayapura
Kepala SMPN 1 Jayapura, Purnama Sinaga, bersama guru dan komite sekolah serta alumni saat pemotongan nasi tumpeng dan tiup lilin kue ulang tahun, Senin (26/9/2022). – Jubi/Ramah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Debora Rumbino mengatakan, prestasi yang sudah diraih SMPN 1 Jayapura terus ditingkatkan.

“Saya berharap kerja sama sekolah, orang tua, lingkungan masyarakat, dan pemerintah sehingga tujuan SMPN 1 Jayapura tetap menjadi barometer pendidikan di Papua,” jelasnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250