Papua No.1 News Portal | Jubi

BMKG: Gempa 5,3 SR di tenggara Jayapura tak berpotensi timbulkan tsunami

Writer: AntaraEditor: Syam Terrajana
Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. Jubi/Pixabay.com

Jayapura, Jubi- – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa dengan magnitudo 5,3 yang pada Sabtu pukul 09.25 WIB terjadi di tenggara wilayah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut siaran informasi dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V di Jayapura, Sabtu, gempa bumi tektonik itu pusatnya berada di darat pada kedalaman 63 kilometer di koordinat 3,13° Lintang Selatan dan 139,80° Bujur Timur.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menurut BMKG gempa bumi tersebut tergolong jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Sesar Anjak Mamberamo.

Baca juga :   Hampir dua bulan, warga Merauke hanya dapat mengakses internet di titik tertentu

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Gempa yang menurut BMKG pusatnya berada di delapan kilometer tenggara Kabupaten Jayapura itu getarannya dirasakan pada skala intensitas III-IV MMI di Jayapura, III MMI di Keerom, dan II MMI di Sentani.

Pada skala II MMI getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran pada skala III MMI dirasakan nyata di dalam rumah, terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga :   Masa jabatan Bupati -Wabup Nduga berakhir di saat daerah belum aman

Pada skala IV MMI, guncangan akibat gempa pada siang hari dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menyebabkan gerabah pecah, jendela dan pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Menurut pantauan BMKG, hingga pukul 10.10 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi susulan setelah gempa yang terjadi pukul 09.25 di tenggara Jayapura.(*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130
banner 400x130