Bank Indonesia dampingi 39 UMKM Papua masuk era digital

Bank Indonesia
Ilustrasi Gedung Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua yang terletak di Jl. Dr. Sam Ratulangi No.9, Kota Jayapura, Papua. - Jubi/Jean Bisay

Jayapura, Jubi – Bank Indonesia atau BI Perwakilan Papua melakukan pendampingan terhadap sebanyak 39 usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM agar bisa memasuki era digital terutama dalam pemasaran produk yang dihasilkannya.

“Tercatat 39 UMKM yang dilakukan pendampingan yang terdiri 11 UMKM binaan dan 27 UMKM mitra,” kata Kepala Perwakilan BI Papua Juli Winantya mengutip Antara, di Jayapura, Minggu (28/8/2022).

Dijelaskan, setiap tahun BI membuat pelatihan kepada UMKM agar masuk ke digitalisasi dengan lama pelatihan selama sebulan.

banner 400x130

Selama pelatihan diberikan berbagai materi di antaranya fundamental marketing (dasar pemasaran), digital marketing mindset (paradigma pemasaran digital), content design (rancangan konten), marketing copywriting (penulisan naskah pemasaran), branding for small business (penjenamaan untuk usaha kecil), social media organic (ragam medsos) seperti Facebook dan lainnya, marketplace (lokapasar), food delivery service (layanan pengiriman makanan), CRM dan sales psychology (psikologi penjualan).

Selain itu, pendampingan juga dilakukan melalui monitoring terhadap UMKM tersebut agar dapat terjadi peningkatan grade atau peringkat. Pendampingan dilakukan selama tiga bulan yang bertujuan untuk pembiasaan digital marketing, jelas Juli Winantya.

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun ini, ada 90 UMKM yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut namun dari jumlah tersebut yang lolos 50 UMKM.

Dari 50 UMKM yang lolos seleksi yang dinyatakan lulus hanya 32 UMKM dan UMKM itulah yang kini dilakukan pendampingan.

Banyaknya UMKM yang tidak lulus itu disebabkan beberapa faktor selama kelas full stack bootcam itu ada beberapa indikator kelulusan d iantaranya kehadiran, tingkat penyelesaian tugas per kelas dan hasil prates hingga pascates, jelas Juli Winantya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250