2 kubu nyaris bentrok, Polda Papua nyatakan kondisi Burmaso sudah kondusif

Bentrok Antar Kelompok di Burmaso
Situasi di Burmaso, ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya pada Jumat (22/4/2022). - Istimewa

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah atau Polda Papua menyatakan kondisi keamanan di Kabupaten Mamberamo Raya telah kondusif. Hal itu disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umun Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, merespon situasi keamanan di Burmaso, ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya yang sempat tegang karena nyaris terjadi bentrokan antar kelompok pada Jumat (22/4/2022).

“Situasi aman. Anggota sudah berjaga di beberapa titik [di Burmeso] guna mengantisipasi adanya aksi-aksi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di sana,” ujarnya.

Pada Jumat siang, beredar sejumlah video pendek berdurasi sekitar 2 menit yang memperlihatkan adanya dua kelompok massa berbeda di depan Kantor Badan Percepatan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang berada di Burmeso. Kedua kelompok massa terlihat saling berjaga-jaga dan bersiap saling serang.

banner 400x130

Faizal membenarkan bahwa pada Jumat siang ada dua kelompok massa yang nyaris bentrok di Burmeso. Menurutnya, ketegangan itu dipicu kekecewaan para tenaga honorer Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya yang belum menerima haknya dan melakukan pemalangan.

“Dua kubu yang nyaris bentrok merupakan kelompok pegawai honor dan kelompok massa [pendukung] Bupati. Aksi para honorer berhasil diredam aparat di lokasi kejadian. Namun situasi kembali memanas ketika ada kelompok lain yang datang dengan membawa senjata tajam,” kata Faizal.

Melihat kedatangan sekelompok orang yang membawa senjata tajam, massa pendukung Bupati Mamberamo Raya merasa terancam, dan berusaha melawan. “Namun [kedua kelompok massa berbeda itu] berhasil diblokade oleh anggota polisi, sehingga tidak terjadi bentrok,” jelasnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250