Polda Papua tangkap salah satu donatur pembelian senjata dan amunisi

Pembunuhan 4 Warga Nduga di Mimika
Direskrimum Polda Papua, Kombes Faizal Ramadhani. - Jubi/Alexander Loen

Jayapura, Jubi – Kepolsian daerah (Polda) Papua berhasil mengungkap siapa pemberi dana atau donatur bagi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB untuk membeli senjata dan amunisi.

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani, mengatakan terungkapnya nama-nama donatur, didapat dari pengakuan AN yang ditangkap pada 30 Juni 2022 karena kedapatan membawa 615 amunisi dan satu pucuk senjata api rakitan.

“Polda Papua sudah menangkap dan menahan Kepala Kampung Wusi, Kabupaten Nduga Terius Labi karena diduga menjadi salah satu donatur,” kata Faisal saat ditemui di Kota Jayapura, kemarin.

Setelah memeriksa Terius Labi, diketahui uang yang diberikannya kepada AN berasal dari Dana Desa. “Dia memberi Rp 150 juta secara sukarela, itu semua bersumber dari Dana Desa,” sambungnya.

Saat ini, kata Faizal, Terius Labi telah diterbangkan ke Polres Yalimo guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Mengenai donatur lain. Ia menyebut total ada tiga oknum pejabat kampung yang memberikan uang kepada AN. Dengan demikian, total uang yang diberikan kepada AN untuk membeli amunisi sebesar Rp 450 juta.

“Jadi masih ada dua oknum pejabat kampung yang kami cari, mereka berbeda distrik dari Terius Labi,” ujarnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga

banner 728x250