Bapenda Kota Jayapura launching e-billing pajak dan retribusi daerah

Bapenda Kota Jayapura
Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Ali Mas'udi (pertama dari kanan) bersama kolega - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kota Jayapura, Provinsi Papua, meluncurkan host to host atau sistem e-billing dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah.

“Jadi terhitung mulai 2 Juli 2022, pembayaran [pajak dan retribusi] bisa dengan e-billing,” kata Plt. Kepala Bapenda Kota Jayapura, Ali Mas’udi, pada acara tatap muka Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, bersama wajib pajak hotel, restoran, hiburan dan reklame di Hotel Grand Tabi, Kamis (28/7/2022).

Baca juga :   Papua menuju Provinsi olahraga, Jack Komboy: Jangan ada lagi atlet kontrak 

Dikatakannya, melalui aplikasi sistem e-billing mempunyai kelebihan, yaitu untuk memudahkan pelayanan kepada para wajib pajak.

“Bisa membayar pajak dan retribusi kapan saja dan dimana saja. Ini juga dalam rangka mengimplementasikan satuan tugas perluasan digitalisasi atau STPD,” ujarnya.

Menurutnya, sistem e-billing untuk keterbukaan pembayaran pajak dan retribusi daerah. Contohnya, kalau wajib pajak mau mengurus izin, dan masih mempunyai tunggakan di 2021, maka bisa terlihat dan sistem akan menolak.

Baca juga :   Papua butuh tambahan 4.652 tenaga penyuluh pertanian dan peternakan

“Sistem ini sangat baik dalam membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Harapan kami, warga semakin sadar membayar pajak,” ujarnya.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga

banner 728x250