Kasus korupsi pembangunan jalan Trimuris – Kasonaweja segera disidangkan

Penyidikan Kasus Korupsi
Penyidik Kejaksaan Negeri Jayapura saat memeriksa dua tersangka kasus korupsi proyek pembangunan jalan di Kabupaten Mamberamo Raya. - Istimewa

Jayapura, Jubi – Kejaksaan Negeri Jayapura akan segera melimpahkan perkara dua tersangka korupsi dalam proyek pembangunan jalan Trimuris – Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi atau Tipikor Jayapura. Hal itu dinyatakan Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura, Alexander Sinuraya di Kota Jayapura, Rabu (23/11/2022).

Menurut Sinuraya, dua tersangka korupsi dalam proyek pembangunan jalan Trimuris – Kasonaweja yang akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura itu adalah JJH dan YSM. Sinuraya menyatakan berkas penyidikan kedua tersangka itu telah dinyatakan dinyatakan lengkap (P21), dan perkaranya siap disidangkan.

“Setelah dilakukan tahapan proses pemeriksaan dan berkas dinyatakan lengkap, tim penyidik akhirnya menyerahkan tersangka JJH dan YSM ke LP Abepura. Untuk selanjutnya akan dilakukan tahapan persidangan,” kata Sinuraya di Kota Jayapura, Rabu (23/11/2022).

banner 400x130

Menurutnya, kedua tersangka akan didakwa dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang nomor 31 tahun 1999, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, junto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. “Kedua tersangka akan ditahan selama 20 hari ke depan, untuk selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Jayapura mengungkap kasus korupsi pembangunan ruas jalan Trimuris – Kasonaweja di Kabupaten Mamberamo Raya. Pembangunan jalan pada tahun 2019 itu menggunakan anggaran senilai Rp5,7 miliar.

Dalam penyidikan kasus itu, Kejaksaan Negeri Jayapura memeriksa 17 orang saksi, termasuk YSM dan JJH. Keduanya kemudian ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembangunan jalan fiktif tersebut. Kasus pembangunan jalan fiktif itu diperkirakan menimbulkan kerugian negara senilai Rp3,4 miliar lebih. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250