3 Mahasiswa Jayawijaya yang ditahan akhirnya dibebaskan

Jayawijaya
 Sekda kabupaten Jayawijaya Thony M.Mayor foto bersama Perwakilan mahasiswa, LBH dan orang tua wali, di depan Reskrim polres Jayawijaya seusai dibebaskannya 3 tahanan mahasiswa/Jubi.Imma Pelle

 

Wamena Jubi – Tiga mahasiswa di Jayawijaya yang sempat ditahan di Polres setempat, lantaran aksi mencabut papan nama kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, akhirnya dibebaskan, Senin, 19 September 2022.

Ketiganya adalah Hengky Hilapok ketua HMPJ (Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Jayawijaya), Opinus asso ketua HMKJ ( Himpunan Mahasiswa Kabupaten Jayawijaya) dan Lukas Daby anggota himpunan mahasiswa Jayawijaya. Ketiganya adalah mahasiswa Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena (UNA’IM).

banner 400x130

Sebelumnya, ketiganya ditahan karena menjadi  penanggung jawab aksi dan dikenakan pasal 170 Ayat 1 KUHP tentang perusakan dan kekerasan di muka umum.

Ketiga mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh 3 lembaga bantuan hukum Papua yaitu dari LBH Papua, LDP dan Sepaham Papua.

Sebelumnya pada Rabu 7/9/2022, polisi menahan 11 mahasiswa yang menggelar aksi aksi demo dan mencabut  papan nama kantor Gubernur provinsi Papua Pegunungan di halaman kantor Dinas Pendidikan Wamena.

Natalis Mumpu, kepala Dinas Pendidikan kabupaten Jayawijaya sekaligus  pihak pelapor mengatakan,  hari ini pihaknya sudah membuat  surat pernyataan sikap sebagai tanda pencabutan dari pihak palapor,  dan sebagai tanda perdamaian antara pemerintah daerah dan mahasiswa.

“Satu surat pernyataan itu adalah sebagai tanda mengikat,  agar suatu saat nanti ketiga mahasiswa tersebut tidak melakukan perbuatan hal yang sama lagi, jika mereka akan mengulangi lagi maka akan menerima sanksi sesuai hukum yang berlaku di negara ini,” Mumpu.(*)

 

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250