Penkes  

Terima Penghargaan UHC, Bupati Deiyai: Peserta JKN Bisa Capai 100 Persen

Penghargaan UHC
Bupati Deiyai, Ateng Edowai (kiri) saat menerima penghargaan UHC oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin - Ist

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deiyai, Papua Tengah mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Kabupaten Deiyai mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Deiyai, Ateng Edowai di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Bupati Ateng Edowai mengungkapkan penghargaan UHC untuk Pemkab Deiyai merupakan bukti kerja nyata selama ini dari semua pihak.

“Ini bukti kerja nyata kita bersama sehingga kabupaten Deiyai menjadi salah satu kabupaten yang menerima penghargaan Universal Health Coverage dari pemerintah pusat,” kata Bupati Deiyai Ateng Edowai kepada Jubi melalui selularnya, Kamis, (16/3/2023).

Bupati Edowai mengucap syukur atas diraihnya penghargaan UHC yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Dia berharap dengan diraihnya penghargaan tersebut memberikan semangat dan komitmen bagi semua untuk menuntaskan target 100 persen.

Seluruh penduduk Kabupaten Deiyai, kata dia, diharapkan bisa terdaftar menjadi peserta Program JKN yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kedepan, kata Edowai, pihaknya berkomitmen untuk mendaftarkan masyarakat yang belum terdaftar pada program JKN sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan jika mengalami sakit.

“Puji Tuhan, Pemerintah Kabupaten Deiyai mendapatkan penghargaan UHC. Pemda Deiyai berkomitmen akan menyiapkan anggaran untuk mengakomodir seluruh masyarakat Deiyai terdaftar 100 persen pada akhir tahun 2023. Sehigga akan berupaya memvalidasi dan mengupdate data dengan pihak BPJS Kesehatan. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak khususnya masyarakat Kabupaten Deiyai,” katanya.

Pada kesempatan ini, sebanyak 22 Pemerintah Provinsi dan 334 Pemerintah Kabupaten/Kota diserahi penghargaan UHC Award 2023, termasuk Pemerintah Kabupaten Deiyai. (*)

Comments Box
Exit mobile version