Rabuka tidak percaya hasil sementara Pemilu Fiji, setelah ada kesalahan aplikasi

Rabuka
 Pemimpin Kudeta Pertama di Fiji 1987 Mayjen (Purn) Sitiveni Rabuka dengan Partai Aliansi Rakyat untuk sementara unggul dari saingannya petahana Partai FijiFirst Bainimarama pemimpin kudeta 2007 sekarang Perdana Menteri Fiji- Jubi/fijivillage.com

 

 

Jayapura, Jubi- Meski belum ada hasil perhitungan resmi dari Kantor Pemilihan Umum Fiji, Pemimpin Aliansi Rakyat, Sitiveni Rabuka mengatakan mereka menulis surat kepada Pengawas Pemilu, Panglima Angkatan Darat dan Kantor Presiden tentang apa yang telah terjadi tadi malam.

Sehubungan dengan hasil sementara dalam pemilihan umum 2022. Pasalnya mereka tidak percaya pada hasil sementara yang diumumkan setelah kesalahan pada aplikasi Kantor Pemilihan Fiji.

Dalam konferensi pers, Rabuka mengatakan mereka memiliki bukti dalam bentuk protokol hasil dari tempat pemungutan suara untuk menunjukkan, mereka memiliki lebih banyak suara sebagaimana dikutip jubi.id dari  fijivillage.com

Dia mengatakan ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang terjadi tadi malam.

Rabuka mengatakan belum ada audit independen atas kesalahan sistem, yang juga menjadi perhatian.

Mereka akan menyampaikan perasaan mereka kepada Pengawas Pemilu, Mohammed Saneem untuk mengatakan  tidak puas dengan hasilnya setelah kesalahan aplikasi Fiji Election Office (FEO), tadi malam, Rabu (14/12/2022).

Rabuka mengatakan sebelum kesalahan, Aliansi Rakyat berada di depan dalam penghitungan dan ketika sistem kembali, ada perubahan besar yang tidak menguntungkan partai.

Dia mengatakan mereka akan melakukan segalanya sesuai dengan hukum, dan orang-orang harus tetap tenang.

Hasil akhir sedang dirilis

Sementara itu pihak FEO sedang merilis hasil resmi pemilihan umum 2022 di Fiji.

Tercatat Aliansi Rakyat memimpin penghitungan resmi dengan 654 suara setelah selesainya penghitungan di 28 dari 2071 tempat pemungutan suara. Angka ini merupakan 56,67 persen suara yang dihitung. Partai FijiFirst berada di posisi kedua dengan 257 suara yang merupakan 22,27 persen suara.

SODELPA berada di posisi ketiga dengan 104 suara yang merupakan 9,01 persen suara yang dihitung.

Unity Fiji memiliki 67 suara, NFP 39 suara, We Unite Fiji 12 suara dan FLP dengan 10 suara.

Berdasarkan pasal 89 Undang-Undang Pemilu, segera setelah penutupan tempat pemungutan suara, penghitungan kertas suara harus dilakukan dan diselesaikan di tempat pemungutan suara masing-masing oleh petugas ketua dan petugas pemilihan yang ditunjuk.

Angka-angka dalam protokol hasil harus dimasukkan oleh petugas ketua pada setiap langkah proses penghitungan. Petugas ketua harus melanjutkan terus menerus dengan penghitungan suara sampai penghitungan selesai.

Undang-Undang mengatakan Pengawas dapat melakukan penghitungan ulang kotak suara apa pun.

Bagian pasal 97 menyatakan bahwa setelah penyelesaian protokol hasil, petugas ketua harus menandatanganinya dan segera memberi tahu pengawas dengan metode paling cepat. Termasuk melalui telepon atau sarana elektronik apa pun, tentang hasil atau jumlah total suara yang diberikan untuk setiap kandidat, sebagaimana terkandung dalam protokol hasil akhir.

Salinan protokol akhir hasil harus segera dipasang oleh petugas ketua di tempat yang dapat diakses publik di tempat pemungutan suara. Seperti papan pengumuman, salinan lain yang disimpan di dalam kotak suara dan salinan yang dikirim ke Pengawas dengan metode yang paling cepat

Bagian 103 dari Undang-Undang Pemilu menyatakan bahwa setelah asli protokol akhir hasil diterima dari semua tempat pemungutan suara. Setelah semua suara yang diterima oleh setiap kandidat di setiap tempat pemungutan suara dicatat pada Penghitungan Hasil Nasional. Pengawas harus menyiapkan Penghitungan Hasil Nasional Akhir, yang harus berisi jumlah total suara yang diterima oleh setiap kandidat dan jumlah total suara yang diterima oleh setiap partai politik.(*)

 

 

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130
banner 728x250