Port Vila raih penghargaan Perjalanan Wisata Dunia Tahunan 2022

Port Vila
Pelabuhan Port Villa di Vanuatu - Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Meskipun pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia dan secara otomatis mengganggu perjalanan turis mancanegara dengan kapal pesiar mewah, hal itu tak mengurangi semangat bagi pariwisata di Oceania. Port Vila, pelabuhan kapal Vanuatu, meraih dua tahun berturut-turut dan menangkan penghargaan Terminal Kapal Pesiar Terbaik Oseania 2022 di World Cruise Awards.

“Dengan senang hati kami mengumumkan  Port of Vanuatu meraih Penghargaan Perjalanan Dunia tahunan ke-29,” demikian tulis laporan dari https://www.worldtravelawards.com/press.

Penghargaan World Cruise adalah inisiatif global untuk mengakui dan menghargai keunggulan dalam industri pelayaran.

World Cruise Awards bertujuan untuk mendorong pertumbuhan, inovasi, dan praktik terbaik di sektor pelayaran dalam skala global. Programnya mencakup spektrum penuh dari sektor pelayaran global.

Kategori termasuk Best Cruise Line, Oceania’s Best Cruise Destination yang juga dimenangkan Fiji untuk tahun 2022, Best Cruise Terminal, Best Cruise Travel Agency, dan Best River Cruise Ship.

Nominasi berkisar dari perusahaan kecil dan start-up hingga merek global.

Hasil untuk pemenang tahun ini mengikuti pencarian selama setahun untuk merek kapal pesiar pembelajaran dunia.

Suara diberikan oleh para profesional industri pelayaran dan publik, dengan nominasi memperoleh suara terbanyak dalam kategori yang disebut sebagai pemenang.

Mengutip Port of Suva wins award for Oceania’s best cruise terminal – FBC News juga melaporkan bahwa pelabuhan Suva kembali memenangkan penghargaan Terminal Kapal Pesiar Terbaik Oseania 2022 di World Cruise Awards. FBC News menyebutkan bahwa pelabuhan Suva Fiji meraih penghargaan ini dua tahun berturut turut dari sekarang.

Fiji Ports Corporation Limited menyatakan, Pelabuhan Suva berhadapan dengan Pelabuhan New Castle (Australia), Pelabuhan Auckland (Selandia Baru), dan Sydney Harbour (Australia). Fiji juga memenangkan Oceania’s Best Cruise Destination 2022.

Port Vila
Kapal turis menyinggahi Vanuatu – Jubi/IST

Kapal turis ke Vanuatu November 2022- Februari 2023

Pandemi Covid-19 menyebabkan kapal turis baru menyinggahi pelabuhan Port Vila pada 9 November 2022.

“Ini merupakan kapal pesiar pertama yang kembali ke Port Vila setelah lebih dua setengah tahun berhenti sementara,” demikian dikutip dari https://cruisedig.com/ports/vila-vanuatu.

Dikatakan bahwa Kamar Dagang dan Industri Vanuatu (VCCI) telah bermitra untuk mendukung Departemen Pariwisata, asosiasi dan otoritas transportasi darat, dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk mempersiapkan pengemudi bus, taksi, dan operator tur untuk memenuhi persyaratan wisata kapal pesiar untuk acara penting ini.

Kunjungan wisata ini jelas sangat menguntungkan bagi bisnis di dalam dan sekitar Port Vila.

Port Vila adalah ibu kota Vanuatu dan pelabuhan serta kota terbesar. Itu terletak di pantai selatan Pulau Efate dan memiliki populasi sekitar 45.000 – hampir 20% dari populasi negara dan 70% dari populasi Pulau Efate. Kota ini mencakup area seluas kira-kira 5 km2 (2 mi2).

Di dekat Efate terdapat Pulau Lelepa – properti resor pulau pribadi Royal Caribbean bernama “Perfect Day at Lelepa“.

Departemen Pariwisata Vanuatu mencatat dari November 2022 sampai dengan Februari 2023 tercatat 23 kapal pesar yang bersandar di Port Vila. Misalnya kapal Pacific Encounter dengan 3.115 penumpang singgah pada 7 Desember pukul 08.00 Waktu Vanuatu. Sedangkan Kapal Celebrity Eclipse sebanyak 3.420 penumpang singgah pada 14 Desember 2022 pukul 08.00 pagi.

Kapal yang singgah pada 12 Februari adalah  Quantum Of The Seas dengan 4819 penumpang pukul 10.00 pagi waktu Vanuatu. Rata-rata kapal penumpang turis dari manca negara itu sekitar 3000 sampai dengan 4819 penumpang. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250