PM Australia akan berkunjung ke PNG

PM Australia
Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese. - Jubi/tweeter PM Australia

Jayapura, Jubi – Ini merupakan kunjungan pertama Anthony Albanese sebagai Perdana Menteri Australia yang akan memimpin delegasi ke Port Moresby, Papua Nugini (PNG), pekan depan, 12-13 Desember 2022. Selain ke Port Moresby, PM Australia juga akan ke Wewak, Provinsi Sepak Barat dan mengunjungi makam mendiang Michael Somare.

Hal ini dikatakan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, sebagaimana dilansir oleh Australian PM Albanese to visit PNG for leaders dialogue – The National.

PM Australia itu mengatakan akan memimpin delegasi ke Papua Nugini minggu depan, 12-13 Desember, 2022.

“Ini akan menjadi kunjungan pertama saya ke Papua Nugini sebagai Perdana Menteri dan pembicaraan langsung para pemimpin pertama sejak 2019, ketika Perdana Menteri Marape mengunjungi Australia,” kata Albanese dalam sebuah pernyataan, Senin (5/12/2022).

“Australia dan Papua Nugini adalah tetangga dekat dan bahkan teman dekat. Ikatan mendalam kami didukung oleh sejarah bersama, nilai-nilai bersama, dan kolaborasi yang berkelanjutan,” tambahnya.

“Kekuatan hubungan modern kami mengacu pada ikatan dari masa lalu kami bersama, termasuk yang ditempa di Kokoda Track 80 tahun yang lalu. Kami tidak akan pernah melupakan utang kami kepada orang-orang Papua Nugini pemberani yang berjalan bersama tentara Australia dalam kampanye ini. Kami juga memiliki visi bersama untuk masa depan: kawasan yang lebih makmur, bersatu, dan aman,” katanya.

PM Australia
Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese. – Jubi/tweeter PM Australia

Albanese mengatakan menantikan pertemuan dengan Perdana Menteri James Marape di Port Moresby dan membahas kerja sama Australia di bidang perdagangan, pemulihan ekonomi, infrastruktur, pertahanan, kepolisian, dan ketahanan iklim.

Komisi Tinggi Australia mengatakan kunjungan itu dilakukan ketika kedua negara mendekati peringatan 50 tahun hubungan bilateral setelah kemerdekaan PNG pada tahun 1975.

Albanese akan bergabung dengan tuan rumahnya, Marape, untuk Dialog Pemimpin Tahunan di Port Moresby.

Selain mengunjungi ibu kota negara, Albanese akan melakukan perjalanan dengan Marape ke ibu kota Sepik Timur, Wewak.

Di Wewak, Albanese akan mengunjungi tempat peristirahatan perdana menteri pendiri PNG, mendiang Grand Chief Sir Michael Somare.

Dia juga akan mengunjungi Taman Perdamaian Memorial Jepang dan Barak Moem. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250