Papua No.1 News Portal | Jubi

Penny Wong umumkan 8 tahun kemitraan dengan Samoa dan bantuan kapal patroli

Writer: Dominggus A MampioperEditor: Dewi Wulandari
Penny Wong
Menlu Australia, Penny Wong, dan PM Samoa  Perdana Menteri Samoa, Fiame Naomi Mata'afa, Jubi/Dok Twitter@SenatorWong

Jayapura, Jubi – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia, Penny Wong, mengumumkan kemitraan selama delapan tahun dengan Samoa. Hal ini penting untuk membantu mengatasi pembangunan manusia di negara kepulauan Pasifik itu. Selain itu telah menyumbangkan kapal patroli maritim baru untuk negara kepulauan itu.

“Kemitraan pembangunan manusia dan inklusi sosial akan mengatasi tantangan paling ‘kritis’ di negara itu,” kata Senator Wong dari ibu kota Samoa, Apia, sebagaimana dilansir https://www.abc.net.au.

Dia mengatakan Australia tahun depan akan menyumbangkan kapal patroli kelas Guardian ke Samoa, setelah Nafanua II negara itu kandas di terumbu karang pada Agustus 2021.

“Kami memahami betapa pentingnya aset maritim ini bagi negara-negara kepulauan,” kata Senator Wong kepada wartawan pada konferensi pers bersama itu.

Menurut dia pemerintah Samoa telah meluncurkan komisi penyelidikan setelah kapal berusia dua tahun itu kandas, dan sejak itu meninggalkan lubang besar dalam kemampuan pengawasan maritim negara itu.

Baca juga :   Samoa dan Tiongkok tidak memiliki rencana hubungan militer

Sementara itu, Perdana Menteri Samoa, Fiame Naomi Mata’afa, menyambut baik pengumuman Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong. Lebih lanjut, kata Mata’afa, bahwa kapal baru itu akan sangat penting untuk melindungi keamanan maritim negara Pasifik itu.

“Saya pikir sangat murah hati dari pihak pemerintah Australia dan orang-orang bahwa mereka memberi kami kapal patroli lain meskipun ada keadaan yang tidak menguntungkan dari kapal terakhir kami,” kata Fiame.

Selanjutnya mengenai perubahan iklim, Senator Wong mengatakan pemerintahh Australia sangat berkomitmen untuk mengurangi emisi dan pemerintah baru ‘dipilih dengan mandat untuk melakukannya’.

“Saya ingin menjadi sangat jelas bahwa kami sangat berkomitmen untuk mengambil tindakan yang lebih kuat terhadap iklim,” kata Senator Wong.

60 Tahun Samoa Merdeka

Kunjungan Senator Wong ke Apia bertepatan dengan peringatan 60 tahun kemerdekaan Samoa, dan merupakan kunjungan keduanya ke Pasifik sebagai Menteri Luar Negeri setelah dilantik sembilan hari lalu.

Baca juga :   Peliputan jurnalis Pasifik dibatasi selama kunjungan Menlu Tiongkok

Negara Samoa memiliki luas sekitar 2.934 KM2, dengan ibukota Apia. Negara ini merdeka pada 1 Januari 1962 dengan bentuk pemerintahan Persemakmuran Inggris.

Negara ini terdiri dari dua pulau utama dan sebanyak tujuh pulau-pulau kecil dan makanan pokok mereka buah sukun. Samoa merupakan negara Pasifik Selatan pertama yang merdeka sejak Perang Dunia Kedua.

Sebelumnya, Menlu Penny Wong melakukan perjalanan ke Fiji pekan lalu untuk merapikan fokus baru pemerintah baru pada perubahan iklim. Selanjutnya pemerintah Australia akan memberikan dukungan untuk bantuan berkelanjutan bagi wilayah tersebut.

Setelah mengunjungi Samoa, Senator Wong akan menuju ke Tonga untuk bertemu dengan Perdana Menteri Hu’akavameiliku dan Menteri Luar Negeri Fekitamoeloa ‘Utoikamanu. Pertemuan itu diharapkan akan membahas bantuan lebih lanjut untuk kepulauan yang dilanda letusan gunung berapi dan tsunami. (*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130