Menteri Perubahan Iklim Vanuatu berangkat ke konferensi COP27

Vanuatu
Menteri perencanaan dan perubahan iklim Vanuatu Ralph Regenvanu. - Jubi/Vanuatu Post daily

Jayapura, Jubi – Menteri Perubahan Iklim Vanuatu yang baru, Ralph Regenvanu, akan berangkat ke Konferensi Perubahan Iklim (COP27) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hari ini, Jumat (11/11/2022), yang berlangsung di Sharm El Sheikh, Mesir. Apalagi Vanuatu kini tampil sebagai pemimpin negara-negara pulau terkecil sedang berjuang menuntut keadilan iklim di negara-negara Pasifik.

Mengutip dailypost.vu, menyebutkan bahwa Menteri Regenvanu akan mewakili Vanuatu dalam dialog meja bundar tingkat tinggi, tingkat menteri, tentang pendanaan iklim pada minggu depan.

Dia juga akan terlibat dalam kampanye proposal Mahkamah Internasional.

banner 400x130

COP27 dimulai dengan pertemuan pra-sesi kelompok negosiasi. Dalam negosiasi iklim, negara tidak bertindak sendiri-mereka bertindak dalam blok. Setiap kelompok atau blok bersatu untuk isu-isu tertentu dan berbicara dengan suara yang sama.

Minggu pertama dimulai dengan sambutan pembukaan dari Sekjen PBB diikuti dengan pleno dan penyampaian pernyataan nasional, lokakarya yang diamanatkan dan acara kepresidenan.

Kepala Negara, Presiden Vanuatu Nikenike Vurobaravu, memimpin delegasi minggu ini. Dia diperkirakan akan kembali akhir pekan ini.

Pleno penutupan dijadwalkan pada 17 dan 18 November. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250