Papua No.1 News Portal | Jubi

Menlu Tiongkok akan mengunjungi delapan negara Pasifik

Writer: Dominggus A MampioperEditor: Aryo Wisanggeni G
Bendera Tiongkok

Jayapura, Jubi – Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok, Wang Yi  akan melakukan perjalanan ke delapan negara di kawasan Pasifik. Wang Yi akan mengunjungi Kepulauan Solomon, Kiribati, Samoa, Fiji, Tonga, Vanuatu, Papua Nugini, serta Timor Timur.

Hal ini dinyatakan Kementerian Luar Negeri Tiongkok, sebagaimana dilaporkan jurnalis South China Morning Post, Amber Wang dari Beijing. Kunjungan Wang Yi ke Solomon itu hanya berselang beberapa minggu setelah Beijing dan Honiara menyegel pakta keamanan yang telah menimbulkan kegelisahan di Australia dan kawasan itu.

“Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi juga melakukan perjalanan ke Kiribati, Samoa, Fiji, Tonga, Vanuatu dan Papua Nugini, serta Timor Timur, selama perjalanan dari 26 Mei 2022 sampai dengan  4 Juni 2022,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Selasa (24/5/2022).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin mengatakan Wang Yi juga akan melakukan pertemuan daring dengan para pejabat negara Pasifik lainnya.

“Dia akan mengadakan pertemuan video zoom dengan para pejabat dari Negara Federasi Mikronesia, Kepulauan Cook dan Niue, dan menjadi tuan rumah Pertemuan Menteri Luar Negeri China – Kepulauan Pasifik II di Fiji,” kata Wang Wenbin.

Baca juga :   Menlu Tiongkok Wang Yi tiba di Honiara

Solomon Star melaporkan Pemerintah Kepulauan Solomon sedang bersiap untuk menyambut kedatangan Wang Yi dan 20 delegasi Tiongkok lainnya di Honiara. Perdana Menteri Manasseh Sogavare mengatakan perjalanan itu akan menjadi “tonggak sejarah” dalam hubungan bilateral kedua negara.

Li Ming, Duta Besar Tiongkok untuk Kepulauan Solomon, mengatakan kedua belah pihak akan menandatangani “sejumlah perjanjian bilateral utama”. Wang Yi juga akan bertemu dengan Sogavare dan penjabat gubernur jenderal kepulauan itu.

Secara  terpisah, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam akun twitter pribadinya mengumumkan rencana perjalanan pertamanya ke Suva, Fiji, Kamis (26/5/2022). Fijivillage.com melansir pernyataan Penny Wong yang menyebut kepergiannya ke Fiji  untuk memperkuat kemitraan Vuvale  antara Fiji dan Australia.

“Kami akan membahas bagaimana mengankan wilayah kami dengan sebaik baiknya dan membantu membangun keluarga Pasifik yang lebih kuat,” kata Penny Wong, sebagaimana dikutip dari Fijivillage.com.

Baca juga :   Albanese dan Sogavare pertama kali bertemu dan berbicara

Wong mengatakan kunjungan dilakukan pada minggu pertamanya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, dan menunjukkan Australia memandang penting hubungan dengan diplomatiknya dengan Fiji dan kawasan Pasifik. Dia mengatakan Australia akan mendengarkan mitra Pasifiknya saat mereka bekerja sama untuk menghadapi tantangan perubahan iklim, pemulihan pandemi, pembangunan ekonomi, dan keamanan regional.

Wong akan bertemu dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Voreqe Bainimarama serta menteri senior lainnya. Ia juga akan bertemu para pemimpin perempuan Fiji, menjelang pertemuan Pemimpin Perempuan Forum Kepulauan Pasifik bulan depan.

Wong juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik, Henry Puna, dan menyampaikan pidato di Sekretariat Forum tentang energi baru dan komitmen yang dibuat Australia untuk memainkan peran mereka dalam memperkuat keluarga Pasifik. Komitmen itu termasuk mengambil tindakan nyata terhadap perubahan iklim di dalam negeri dan dengan kawasan Pasifik, peningkatan bantuan pembangunan dan kerja sama keamanan, serta mereformasi dan memperluas skema Mobilitas Tenaga Kerja Australia Pasifik.(*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250