Dua menteri bergabung dengan PM Papua Nugini untuk pertemuan APEC di Bangkok

PM Papua Nugini
PM Papua Nugini, James Marape - Jubi/IST

Jayapura, Jubi – PM Papua Nugini, James Marape, akan didampingi oleh dua menteri untuk KTT Pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2022 di Bangkok, Thailand.

Menteri Luar Negeri, Justin Tkatchenko, mengatakan pada konferensi pers akhir pekan bahwa Menteri Perdagangan dan Investasi Internasional, Richard Maru, dan dirinya sendiri akan menghadiri KTT APEC bersama dengan Marape.

“Ini akan menjadi yang pertama lagi sejak pandemi virus Corona menyusul APEC terakhir yang diselenggarakan oleh Papua Nugini pada 2018,” kata Tkatchenko sebagaimana dilansir  https://www.thenational.com.pg/two-ministers-to-join-pm-for-apec-meet/.

banner 400x130

 

PM Papua Nugini
Menlu Papua Nugini, Tkatchenco. – Jubi/IST

“PM akan bertemu dengan para pemimpin APEC lainnya. Saya akan bertemu dengan menteri luar negeri lainnya, sementara Maru akan menghadiri pertemuan terkait kementeriannya,” tambahnya.

“Salah satu pertemuan pertama yang akan saya lakukan adalah diundang oleh Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken,” katanya.

Tkatchenko mengatakan dia menantikan pertemuan itu karena ada begitu banyak hal untuk didiskusikan tentang isu-isu yang diangkat pada pertemuan puncak para pemimpin Pasifik baru-baru ini di Washington.

PM Papua Nugini
Menteri Perdagangan dan Investasi Internasional, Papua Nugini, Richard Maru. – Jubi/IST

Delegasi berangkat ke Thailand hari ini, Senin (14/11/2022), untuk menghadiri pertemuan puncak selama seminggu.

Mr Tkatchenko, yang juga anggota parlemen dari Moresby South, dan keluar dari partai Partai National Conggres (PNC) pimpinan Peter O’Neill, mantan PM Papua Nugini.

Menlu PNG keturunan Australia ini kini bergabung dengan Partai Sosial Demokrat yang dipimpin oleh sekutu dekatnya, Powes Parkop, Gubernur Distrik Ibu Kota Nasional. Tkatchenko masuk Parlemen di bawah panji Sosial Demokrat pada 2012.

PM James Marape melantiknya sebagai Menteri Luar Negeri PNG yang baru pada September 2022. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250