Resmi dilantik sebagai Ketum PSSI, Erick Thohir ingin jadikan prestasi sebagai tradisi

PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengibarkan pataka / Dok PSSI.org

Jayapura, Jubi – Ketua Umum Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia atau PSSI, Erick Thohir bersama pengurus periode 2023-2027 resmi dilantik oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia – KONI di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 itu dilakukan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman. Turut hadir dalam acara itu, Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari.

Usai dikukuhkan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa cabang olahraga sepakbola tidak mau dianggap spesial. Namun, prestasi medali emas yang diraih pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja setelah 32 tahun sangat spesial, sehingga dia meminta kepada para pengurus PSSI untuk menjadikan prestasi sebagai tradisi baru di organisasi ini.

“Kami bukan spesial. Hanya saja, medali emas di SEA Games Kamboja kemarin sangat spesial. Oleh sebab itu, momen pelantikan pengurus ini menjadi titik baru untuk menjadikan prestasi sebagai tradisi di PSSI,” ujar Erick Thohir dikutip dari siaran pers PSSI.

Baca juga :   Porkab II Kabupaten Jayapura telan anggaran Rp 9 miliar lebih 

Erick menambahkan, tantangan untuk menjaga tradisi prestasi tidak pernah mudah karena Indonesia akan tampil di berbagai iven dengan kualitas tinggi. Mulai dari menjadi tuan rumah Piala Asia AFC U-23, kualifikasi Piala Dunia 2026, dan melakoni berbagai laga FIFA Matchday untuk menaikkan peringkat di rangking FIFA.

“Termasuk melawan Palestina yang peringkatnya di atas kita, serta melawan Argentina sebagai ajang uji nyali. Dan di olahraga itu urusannya nyali dan mental. Jika kita tidak pernah lawan yang kuat dan tim-tim besar, maka kita tidak akan pernah maju,” tekannya.

Baca juga :   Gelandang Papua, dari Rully Nere, Ronny Wabia, sampai Ricky Kambuaya

Erick melanjutkan pelantikan kepengurusan inti dan 12 anggota Executive committee (Exco) juga menjadi awal dari tanggung jawab yang lebih besar untuk membangun sepakbola dan dunia olahraga nasional.

“Karena itu, saya mengharapkan dukungan dari Kemenpora, KONI, dan KOI, serta semua ketua cabang olahraga untuk berkolaborasi dalam membangun olahraga Indonesia agar makin berbicara di level internasional,” ujarnya.

Usai keberhasilan timnas U-22 merebut medali emas SEA Games, PSSI kembali membuat kabar mengejutkan setelah berhasil melobi tim juara dunia Argentina untuk berujicoba pada 19 Juni di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Baca juga :   Usman Wanimbo kembali nahkodai KONI Kabupaten Tolikara 

Lewat siaran pers PSSI,  Erick Thohir menyatakan uji coba melawan Argentina akan menjadi pertandingan bersejarah bagi Indonesia karena untuk kali pertama timnas menghadapi negara berperingkat 1 FIFA.

Erick berharap, semua pemain, termasuk pelatih harus memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan skill, mental, dan strategi bertanding melawan tim dengan nama besar. (*)

Komentar
banner 728x250