Liga Sentra Indonesia Seri Papua akan dibuka serentak pada 28 Januari

Liga
Ilustrasi Liga Sentra Indonesia 2023 / Instagram Liga Sentra Indonesia

 

Jayapura, Jubi – Sebuah ajang kompetisi terbesar sepak bola usia muda berlevel nasional bertajuk Liga Sentra Indonesia akan dibuka secara serentak mulai 28 Januari 2023, termasuk seri Papua.  Upacara pembukaannya akan dilaksanakan di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Liga Sentra Indonesia 2023 kali ini mempertandingkan tiga kelompok usia muda yakni U 12, U 14 dan U 16. Ini merupakan season kedua setelah sukses digelar pada 2022 lalu. Sekaligus kali pertama dilaksanakan di Provinsi Papua.

Ketua panitia yang juga  Ketua Asosiasi Mantan Pemain Persipura Jayapura (AMPP), Benny Jensenem mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi usia muda tersebut. Ia menyebut  kompetisi usia muda berjenjang akan sangat berdampak positif pada regenerasi pemain di masa depan.

“Kita berterima kasih karena sebelum Inpres dilaksanakan kita sudah mulai memutar Liga Sentra Indonesia kategori usia 12, 14 dan 16 tahun. Kita berharap apa yang kita kerjakan ini nyambung dengan Inpres, itu yang pertama. Yang kedua, sepak bola Nasional sangat membutuhkan pemain-pemain untuk bisa mendukung tim nasional kita dan itu harus dimulai dari usia dini. Dan entah nanti berapa tahun kemudian ada pemain yang berasal dari Papua kita berharap lahir dari kompetisi yang kita gelar saat ini,” katanya kepada wartawan, Senin (23/1/2023).

Ia menjelaskan, Liga Sentra Indonesia  akan berlangsung kurang lebih 4 bulan dengan sistem bertanding satu minggu dua kali. Untuk kategori U 16 digelar hari Rabu dan Sabtu. Sedangkan U 12 dan U 14 hari Kamis dan Jumat.

“Jadi setiap kelompok usia itu bermain dua kali saja dalam setiap minggu. Mengapa demikian, itulah kompetisi yang baik, karena setelah bermain mereka perlu recovery dan evaluasi apa saja yang kurang menurut pelatihnya, sehingga di minggu yang baru lagi ada perubahan dalam permainan mereka,” jelasnya.

Saat ini, proses pendaftaran masih dibuka. Panitia berharap, masih banyak klub dari SSB-SSB di Papua yang mendaftar, baik dari Kota maupun Kabupaten.

“Sampai dengan sekarang kita baru buka pendaftaran, dan kita berharap klub yang ikut serta bisa mencapai 30 klub untuk setiap kelompok usia. Sampai hari ini kita baru lakukan screening, jika memang waktu ini tidak cukup kami akan perpanjang dan kasih kesempatan lagi. Kita lihat nanti dari peminat dari SSB-SSB yang ada di Papua. Ini tidak dibatasi berdasarkan wilayah, ada yang dari kota dan kabupaten, tidak dibatasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kompetisi Liga Sentra Indonesia akan memperebutkan satu tiket dari masing-masing kelompok usia yang akan tampil di tingkat nasional di Bandung, Jawa Barat. Yang juara di tingkat nasional pun akan mewakili Indonesia di level Asia yang akan dilaksanakan di Malaysia.

“Juara 1 nya nanti akan mengikuti tingkat nasional yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat. Kemudian secara nasional siapa yang juara akan mewakili Indonesia yang tahun ini rencananya akan dilaksanakan di Malaysia. Lapangan yang dipakai, untuk kelompok U 16 itu Lapangan Tunas Muda Hamadi dan Angkatan Laut. Kemudian yang U 12 dan U 14 itu konsentrasinya di Sentani, Kabupaten Jayapura. Saya belum pastikan lapangan mana yang akan digunakan nantinya, tapi tim-timnya ada di Barnabas Youwe,” sebutnya.

“Opening Ceremony-nya direncanakan pada tanggal 28 Januari nanti. Dan itu secara serentak pembukaannya. dibuka bersamaan. Kompetisinya sendiri dimulai tanggal 1 Februari. Opening ceremony kelompok U 12, U 14 dan U 16 itu akan digelar serentak di Stadion Mandala, Kota Jayapura,” . (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250