Benny Jensenem: Kompetisi Usia Muda untuk jaring pemain PON dan Persipura

kompetisi
Ilustrasi pemain sepak bola muda yang tengah bertanding / Dok Jubi

 

 

 

Jayapura, Jubi – Legenda Persipura Jayapura, Benny Jensenem selaku Ketua Panitia kompetisi usia muda Liga Sentra Indonesia 2023 seri Papua menyebut kompetisi usia muda sangat perlu dilakukan untuk menjaring pemain bagi tim sepak bola PON Papua dan klub Persipura Jayapura.

Ketua Asosiasi Mantan Pemain Persipura Jayapura (AMPP) itu mengungkapkan, ajang Liga Sentra Indonesia tak hanya sekadar kompetisi biasa.

Tapi ia ingin lewat kompetisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjaring bakat-bakat muda yang akan menjadi regenerasi sepak bola Papua di masa mendatang. Terutama untuk tim sepak bola Papua yang akan berlaga di Pra PON dan PON XXI juga klub Persipura.

“Kita berharap lewat ajang ini juga sekaligus untuk melakukan pemantauan dan penjaringan pemain untuk tim sepak bola PON kita karena sampai sekarang tim belum 100 persen terbentuk, siapa tahu ada pemain U 16 yang bagus yang bisa kita gunakan nantinya. Tapi otomatis Persipura kan sumber pemainnya bisa lahir dari kompetisi seperti ini,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Senin (23/1/2023).

Ia mengaku, ajang kompetisi usia muda masih sangat minim di Papua. Pembinaan sepak bola Papua jenjang usia yang dilakukan oleh Asprov PSSI Papua menurutnya juga belum maksimal.

“Mengapa demikian, kenapa pembinaan Asprov PSSI Papua tidak berjalan. Ini masalah yang mau kita jawab sekarang,” ujarnya.

Jensenem menambahkan, ia bersama para legenda Persipura yang tergabung dalam AMPP, terus peduli dengan pembinaan sepak bola di Papua. Ia berharap, setelah ajang Liga Sentra Indonesia 2023 seri Papua digelar, akan banyak lagi kompetisi usia muda yang terlaksana.

“Mudah-mudahan setelah kompetisi ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi ada kompetisi usia dini lainnya yang bisa digelar. Kami dari AMPP juga harus aktif untuk mencari bibit-bibit muda,” pungkasnya.

Sebuah ajang kompetisi sepak bola usia muda berlevel nasional bertajuk Liga Sentra Indonesia akan dibuka secara serentak mulai 28 Januari 2023, termasuk seri Papua yang upacara pembukaannya akan dilaksanakan di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Liga Sentra Indonesia 2023 ini mempertandingkan tiga kelompok usia muda yakni U 12, U 14 dan U 16. Ini merupakan season kedua setelah sukses digelar pada 2022 lalu. Sekaligus kali pertama dilaksanakan di Provinsi Papua.

Liga Sentra Indonesia 2023 hadir di 35 regional Kabupaten dan Kota pada 28 Provinsi, atau meningkat dari jumlah sebelumnya di tahun 2022 yang digelar di 14 regional.

Ketua Liga Sentra Indonesia H. Sugianto mengatakan, bertambahnya jumlah region pada musim 2023 karena pihaknya hendak memberi kesempatan yang lebih luas kepada pemain sepak bola usia dini dan usia muda di Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Ia menjelaskan, tujuan dari digulirkannya Liga Sentra Indonesia adalah menyediakan wahana bagi bakat muda sepak bola untuk mempersiapkan dan melanjutkan pengembangan dirinya menjadi pesepakbola profesional atau level yang lebih tinggi. (*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250