Tim Futsal Mimika wakili Papua di babak 34 besar Linus 2022

Liga Futsal
Tim Futsal Mimika - Jubi / Sudjarwo Husain.

Jayapura, Jubi – Tim futsal Mimika sukses menjuarai Liga Futsal Nusantara (Linus) Zona Papua usai meraih dua kemenangan sekaligus atas tim Merauke, Silaga 1704 FC di Lapangan Mutiara Hitam, Polimak I, Kota Jayapura, Sabtu (19/3/22).

Tim futsal Mimika tampil superior dan menang telak dalam dua leg menghadapi Silaga 1704. Pada laga pertama yang berlangsung pagi hari, tim futsal Mimika menang dengan skor 4-1, sementara di leg kedua, mereka juga menang dengan skor 10-2.

Dua kemenangan tersebut sudah cukup mengukuhkan Mimika sebagai juara Linus Zona Papua dan berhak mewakili Papua ke babak 34 besar regional Indonesia Timur.

banner 400x130

Pasalnya, pada pertandingan pertama menghadapi wakil dari Kota Jayapura, Elken FC, Mimika juga meraih dua kemenangan telak dengan skor 13-2 dan 8-3.

Tim futsal Mimika akan bertarung dengan tim-tim dari Kalimantan Timur, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, tuan rumah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo, untuk memperebutkan tiket babak 8 besar di Jakarta, sebelum nantinya disaring menjadi 4 besar untuk memperebutkan dua tiket promosi ke kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia, Liga Profesional musim depan.

Manajer tim futsal Mimika, Albert Omaleng mengaku puas dengan pencapaian timnya yang berhasil menggapai target juara zona Papua. Ia optimis timnya bisa bersaing di babak 34 besar yang akan digelar di Kota Makassar.

“Sangat memuaskan dengan hasil kemenangan ini. Dari awal kita sudah menargetkan juara zona Papua dan di babak 34 besar nanti kami juga optimis bisa bersaing,” kata Albert.

Pelatih tim futsal Mimika, Theo Balubun juga mengaku bersyukur atas hasil yang diraih timnya. Ia menyebut timnya akan mempersiapkan diri sematang mungkin jelang keikutsertaan di babak 34 besar.

“Puji Tuhan kami bersyukur atas kemenangan ini, kita puas dan akan melakukan evaluasi lagi untuk memperkokoh permainan kita. Soal tambahan pemain baru kita akan sesuaikan nanti dengan regulasi yang ada. Untuk babak 34 besar nanti kami memandang semua lawan punya kekuatan yang sama dan patut untuk diwaspadai,” kata Theo.

Ketua Panitia Daud Arim mengapresiasi pencapaian tim Mimika dan ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta karena Linus Zona Papua berjalan sukses. Ia berharap akan ada tim asal Papua yang bisa lolos hingga Liga Pro Indonesia.

“Keluarnya juara yang mewakili Papua di 34 besar di Sulsel, kita berharap ada wakil Papua yang akan bermain di Liga Pro Indonesia dan juga sebagai ajang seleksi pemain untuk dipersiapkan menuju PON mendatang,” ujar Daud.

Sementara itu, Exco PSSI yang membidangi futsal, Fachrudin Pasolo menilai kemenangan yang diraih tim Mimika merupakan hasil dari kerja keras, kedisiplinan dan kekompakan.

“Rencananya babak 34 besar akan berlangsung bulan Mei di Sulsel, kalau pada Linus ini Mimika bisa tampil terbaik dari peserta yang ada itu adalah sebuah kerja keras, disiplin dan kekompakan dari manajer, pelatih dan tim,” sebut Pasolo.

Juara I Linus Papua diraih oleh tim futsal Mimika yang berhak mendapatkan tiket ke babak 34 besar, trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 30 juta, Juara II diraih Elken FC Kota Jayapura yang mendapatkan trofi dan uang pembinaan Rp 20 juta, Juara III diraih Silaga 1704 dari Merauke dengan hadiah trofi dan uang pembinaan Rp 15 juta.

Selain sukses menjadi juara, pemain Mimika juga meraih gelar pencetak gol terbanyak atas nama Rivaldo Rawar dengan 8 gol dan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 1 juta beserta trofi, serta pemain terbaik, Marselino Waukateyau dengan hadiah trofi dan uang uang pembinaan Rp 1 juta. (*)

Editor: Edho Sinaga

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250