Papua No.1 News Portal | Jubi

Persipura Jayapura, dukungan Gubernur Acub Zainal, dan dukungan Gubernur Lukas Enembe

Writer: Dominggus A MampioperEditor: Aryo Wisanggeni G
Persipura Jayapura
Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang menjadi markas baru tim Persipura Jayapura. - Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Langkah Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan izin kepada tim Persipura Jayapura untuk bermarkas di Stadion Lukas Enembe patut diapresiasi dan diacungi jempol. Persipura kini bermarkas di stadion megah yang ada di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, itu.

Makna markas bagi sebuah klub sepak bola memang sangat penting. Mendiang Hengky Heipon, “El Capitano” Persipura pada era 1968 – 1978, pernah bilang, stadion itu rumah bagi setiap klub. Dengan bermarkas di Stadion Lukas Enembe, Persipura kembali ke rumah yang ada di tanah kelahirannya.

Ketua Umum Persipura pertama, Pendeta Mesak Koibur merintis klub Persipura bersama sahabatnya Barnabas Youwe, dengan membentuk tim “Persatuan Sepakbola Sukarnapura” pada 26 Mei 1965. Nama yang panjang itu disingkat menjadi “Persipura”.

Padahal, pada 1969, kota yang sebelumnya dinamai Sukarnopura sudah bersalin nama menjadi Kabupaten Jayapura. Belakangan lagi, pada 1993, Kabupaten Jayapura dimekarkan menjadi 2 wilayah, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. Namun tim kebanggaan masyarakat Papua itu tetap dikenal sebagai Persipura, sampai hari ini.

Pendeta Mesak Koibur yang juga mantan Ketua Sinode GKI itu mengatakan pada masa awal Persipura mengikuti kompetisi PSSI ke Ambon dan Makassar. Saat itu, para pemain klub yang kini berjuluk Mutiara Hitam itu harus pergi dengan kapal laut. Gara-gara itu, klub Persipura saat itu dijuluki “Klub Kontiki”, karena pergi ke mana-mana naik kapal laut.

Baca juga :   Tak mau dirugikan karena Covid-19, Pelatih Persebaya beri saran untuk PT LIB

Nyatanya, Persipura mampu berprestasi, dan hingga Bupati Jayapura saat itu, almarhum Anwar Ilmar yang belakangan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta,  menyumbang bola dan kostum untuk pemain Persipura. “Pak Anwar Ilmar berikan bantuan bola, karena prestasi Persipura juara waktu itu,”kata Pdt Mesak Koibur saat ditemui Jubi di kediamannya, beberapa waktu lalu.

Saat menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih periode 1970 – 1973, almarhum Brigjen Acub mengambil alih semua urusan Persipura Jayapura. Acub Zainal pula yang memugar Stadion Mandala.

Stadion Mandala tempo dulu saat final Piala Acub Zainal yang mempertemukan Persipura Jayapura melawan Persimer Merauke. Pertandingan itu dimenangi Persimer Merauke dengan skor 3 – 2. – Jubi/Dok

Ketika Acub Zainal menjadi Gubernur Irian Jaya periode 1973 – 1975, dukungan bagi Persipura Jayapura semakin besar.  Dengan bantuan Acub Zainal, Persipura melanglang buana hingga ke Vientam Selatan, juga berlaga dalam Kings Cup di Bangkok, Thailand.

Baca juga :   Tinus Pae bangga Persipura bisa bermarkas di Stadion Lukas Enembe

Acub juga menggagas kompetisi sepak bola antar Sekolah Dasar di sembilan kabupaten yang ada saat itu. Selain itu, Acub Zainal merintis turnamen antar kabupaten di Provinsi Irian Jaya, yang memperebutkan Piala Acub Zainal. Saat itu, tim Kabupaten Merauke membuat kejutan, karena mengalahkan Persipura di partai final Piala Acub Zainal dengan skor 3 – 2.

Acub Zainal memang berjasa bagi perkembangan sepak bola di Papua, khususnya bagi perkembangan Persipura Jayapura.  Banyak pemain Persipura menjadi saksi bagaimana Acub Zainal selalu mendorong kemajuan sepak bola, bahkan kerap memberikan spirit saat Persipura bertanding di dalam Liga Perserikatan waktu itu.

Acub Zainal pula yang mendatangkan pelatih asing pertama Persipura, yaitu seorang pelatih sepak bola asal Singapura, Choi Song On. Choi Song On kemudian membawa Hengky Heipon ikut bermain di Liga Singapura.

Choi Song On juga membentuk tim Irian Jaya, yang beranggotakan para pemain sepak bola dari tiga kabupaten. Para pemain tim Irian Jaya kemudian memperkuat Persipura Jayapura saat harus bertanding melawan klub Hitachi asal Jepang.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

banner 728x250