Pengkab NPCI Biak Numfor resmi terbentuk 

NPCI Biak Numfor
Ketum NPCI Provinsi Papua, H. Jaya Kusuma, saat menyerahkan pataka kepada Ketua NPCI Kabupaten Biak Numfor. - Jubi/Sudjarwo Husain

Jayapura, Jubi – Pengurus Kabupaten National Paralympic Committee Indonesia atau NPCI Biak Numfor resmi terbentuk setelah melalui proses pelantikan pertama yang berlangsung di Hotel Swiss bel, Biak Numfor, Papua, Jumat (7/10/2022).

Pengkab NPCI Biak Numfor dilantik secara resmi oleh Ketua Umum NPCI Provinsi Papua periode 2022-2027, H. Jaya Kusuma, yang turut disaksikan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dan jajaran Forkopimda.

Jaya Kusuma mengatakan dengan terbentuknya Pengkab Biak Numfor, maka kepengurusan di Provinsi Papua sudah berjumlah delapan pengkab/kota.

“Dengan dilantiknya pengurus Kabupaten Biak Numfor ini maka bertambah satu kepengurusan jadi delapan kabupaten kota di Provinsi Papua. Ke depan kita akan terus berupaya melengkapi kepengurusan di kabupaten,” kata Jaya Kusuma.

Ia berpesan kepada pengurus Kabupaten Biak Numfor yang sudah dilantik agar saling bergandengan tangan, menjalankan tanggung jawab, dan visi misi untuk mencari dan membina atlet-atlet penyandang disabilitas potensial yang akan digembleng menjadi atlet berprestasi bagi Provinsi Papua dan Indonesia.

“Segera jalankan tugas, mencari atlet di pelosok-pelosok untuk bisa kita gembleng menjadi atlet berprestasi. Saya yakin pasti banyak atlet potensial di sini. Untuk NPCI Biak Numfor ada dua agenda besar yang akan kita tatap, yakni Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) tahun 2023 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Medan. Tapi sebelumnya kami akan menggelar Pekan Paralimpiade Daerah di Jayapura, silakan kirim atletnya untuk kita sekaligus menyeleksi siapa yang akan kami siapkan menuju Peparnas XVII,” ujar Jaya Kusuma.

Ia juga meminta dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat untuk ikut bersumbangsih dan berperan bersama NPCI Biak Numfor untuk menjadi wadah dan membina atlet-atlet penyandang disabilitas.

“Mereka tidak akan bisa bergerak tanpa dukungan dari pemerintah daerah. Mereka adalah atlet berprestasi. Mereka sudah banyak yang mengukir prestasi di tingkat Nasional, Asia Tenggara, Asia, dan dunia. Kita harus mempertahankan peringkat kita di Medan nanti, kalau tidak bisa tembus posisi satu, kita harus tembus lima besar. Kita akan berusaha NPCI Papua bisa tetap bertengger di posisi terbaik,” ucapnya.

NPCI Papua
Penyerahan Pataka NPCI oleh Ketum NPCI, Senny Marbun, kepada Ketua NPCI Papua, H. Jaya Kusuma. – Jubi/Sudjarwo Husain

Di momen yang sama, Plt Sekda Biak, Zacharias Mailoa, mewakili Bupati Biak, Herry Ario Naap, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Biak Numfor sudah berkomitmen untuk membangun dan bahu membahu bersama NPCI untuk membina atlet penyandang disabilitas.

“Ini merupakan komitmen bersama baik Pemerintah Kabupaten Biak, Provinsi Papua, dan pusat. Sehingga momen ini sebuah kegembiraan bersama di mana kita bisa wujudkan semua kegiatan di tingkat nasional, internasional dan komitmen kita bersama ini menjadi komitmen kita semua. Kami Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga akan berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada NPC Biak sebagai wujud nyata kecintaan kami dan komitmen kami. Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada NPC Papua,” kata Mailoa.

“Prestasi sangat penting dilakukan kepada penyandang disablitas dalam hobinya. Ini menjadi momentum yang tepat bagaimana menyatukan visi yang tepat. Perlu menjadi perhatian adalah bagaimana membangun tata kelola organisasi yang baik dan transparan,” pungkasnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250