NPC Indonesia minta pengurus baru NPCI Papua gencar lakukan pembinaan

NPCI Papua
Penyerahan Pataka NPCI oleh Ketum NPCI, Senny Marbun, kepada Ketua NPCI Papua, H. Jaya Kusuma. - Jubi/Sudjarwo Husain

Biak, Jubi – Organisasi olahraga penyandang disabilitas Indonesia atau National Paralympic Committee (NPC) Indonesia berharap kepada pengurus NPCI Papua periode 2022-2027 yang baru saja dilantik untuk terus gencar melakukan pembinaan hingga ke daerah demi melahirkan atlet-atlet potensial.

Pada pelantikan pengurus NPCI Papua dan NPC Kabupaten Biak Numfor di Swiss Bel Hotel Biak Numfor, Jumat (7/10/2022), Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, menyampaikan bahwa para pengurus yang telah dilantik jangan hanya sekadar simbol, tapi juga harus interaktif dalam mencetak dan membina para atlet penyandang disabilitas.

“Kepada para pengurus yang telah dilantik, jangan cuma jadi pengurus, tapi juga harus punya jiwa berinteraksi untuk mencetak atlet sebanyak-banyaknya karena itu yang dituntut negara untuk kita. Pengurus yang lama di bawah pimpinan Jaya Kusuma sudah membuat sesuatu yang luar biasa, kemarin di Peparnas XVI Papua bisa menjadi juara umum. Saya percaya Papua akan kembali memunculkan prestasi yang luar biasa di ajang berikutnya,” kata Senny Marbun.

“Semoga mampu mengemban tugas, tanggung jawab dan beramanah, baik dalam pembangunan, pembinaan, dan pengelolaan prestasi di daerah yang nantinya akan berdampak pada prestasi atlet difabel di Papua. Pengurus cabang juga harus dihidupkan, beri tahu kepada mereka bahwa ada kehidupan, ada kehormatan, karena selama ini olahraga difabel hanya dipandang sebagai elemen pelengkap dan membebani sehingga pengembangan olahraga ini tidak dihargai dan termarjinalkan,” sambungnya.

Staf Ahli Gubernur Papua, Cyfrianus Yustus Mambay, mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyampaikan selamat kepada para pengurus NPCI Papua yang baru periode 2022-2027.

“Mewakili Pak Gubernur Papua Lukas Enembe, berharap momen ini dapat dijadikan sebagai momen bersejarah untuk penyempurnaan dan revitalisasi olahraga penyandang disabilitas yang nantinya dapat meningkatkan prestasi olahraga di Papua sebagaimana harapan Ketum NPCI. Pemprov Papua sudah berperan dalam mengembangkan olahraga disabilitas di Papua. Hal ini membuahkan hasil bahwa pada pelaksanaan Peparnas XVI tahun 2021 lalu di mana NPCI Papua mengukir sejarah baru sebagai juara umum Peparnas XVI dan hal ini tidak dapat dicapai tanpa adanya SDM yang baik dan mumpuni,” kata Yustus Mambay.

Ia juga berharap pengurus yang baru dapat menjadi semangat baru dalam melanjutkan program kerja, visi dan misi kemajuan prestasi olahraga disabilitas di Papua.

“Hal paling penting yang harus dilakukan adalah bagaimana tugas keseharian berjalan secara lancar dan seluruh program yang terencana dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi yang diukur pada Peparnas XVI lalu dapat dipertahankan pada ajang berikutnya,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih NPCI Papua periode 2022-2027, H. Jaya Kusuma, juga mengatakan pihaknya telah siap untuk melanjutkan program kerja dan visi misi yang diusung demi pembinaan atlet disabilitas dan pencapaian prestasi Papua pada seluruh iven, baik nasional, tingkat Asia Tenggara, Asia, hingga level dunia.

“Kita harus mempertahankan peringkat kita di Medan nanti, kalau tidak bisa tembus posisi satu, kita harus tembus lima besar. Kita akan berusaha agar NPCI Papua bisa tetap bertengger di posisi terbaik,” tandas Jaya Kusuma. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250