Papua No.1 News Portal | Jubi

Liza Madjar dari SSB Batik sampai Kapten Timnas Putri U 18

Writer: Dominggus MampioperEditor: Syam Terrajana
Liza Madjar
 Liza Madjar memakai ban kapten Timnas putri Indonesia U18 bersama wasit dan kapten timnas Vietnam-Jubi/ist

 

Jayapura, Jubi- Prestasi pesepak bola di tanah Papua bukan hanya monopoli kaum lelaki saja, tetapi juga pesepak bola putri Papua. Mereka punya catatan prestasi. Bersama tim sepak bola PON Papua 2021 di Kota Rusa Merauke, Liza Madjar mencetak gol tunggal ke gawang putri Jawa Barat.

Menggeluti sepak bola bagi perempuan kelahiran Jayapura 10 April 2006, bukan sesuatu yang baru. Pasalnya sejak usia tujuh tahun sudah ikut bermain sepak bola bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Batik FC hingga juara IV Danone Nations Cup (DNC) Jakarta 2017, mengikuti Training Camp (TC) AIA di Puket Thailand 2019.

Selama bermain di SSB Batik, Liza Madjar merupakan satu-satu pesepak bola anak perempuan di tengah-tengah bocah lelaki di Danone Zone Papua. Ketekunannya bermain sepak bola telah mengantarkannya ikut membela tim sepak bola Papua di Piala Pertiwi 2022 dan menjadi juara.

Baca juga :   Slogan "Torang Bisa" akan tersemat di jersey Persipura Liga 2 

Terlahir dari keluarga sepak bola-  maklum paman kandungnya Erol Iba mantan bek timnas-  ibu kandung dan ayahnya Thomas Madjar semuanya ikut terlibat dalam sepak bola. Ayahnya Thomas dan Erol Iba keduanya kini menjadi asisten pelatih tim Persipura di Liga 2 bersama pelatih kepala Ricky Nelson.

“Sejak awal saya bermain sepakbola, orang tua sudah mengarahkan saya untuk berlatih di SSB Batik Kotaraja. Sejak saat itu saya tidak pernah berpindah SSB dan fokus berlatih. Saya bermain sepakbola karena keluarga saya seperti ayah, ibu dan paman juga terjun di dunia sepakbola, “katanya kala itu sebagaimana dilansir strategi.id

Tak heran kalau perempuan bernama lengkap Liza Armanita Madjar bisa terus berprestasi hingga bisa ditunjuk menjadi kapten timnas putri U18. Yudith Herlina Sada, kapten Timnas senior Putri Indonesia mengakui kehebatan insos (peremuan) Byak ini memainkan si kulit bundar. Yudith Sada bilang ia melihat Liza bermain saat membela tim putri PS Timika saat mengikuti kejuaraan yang digelar Kemenpora.

Baca juga :   Peparpeprov diharapkan menjadi cikal bakal prestasi menuju iven nasional

Liza Madjar mengaku walau sudah pernah bergabung dengan timnas senior putri, namun masih merasa gugup memperkuat Timnas U18. Bebannya, bermain sebagai tuan rumah tentu harus meraih prestasi terbaik.

Walau pertandingan melawan timnas putri U 18 Vietnam Liza Madjar dan kawan kawan kalah dengan skor tipis 1-2 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang Selasa (26/7/2022). Gol putri Indonesia dicetak rekan Liza Madjar saat PON Papua . Marsela Awi (38’) sedangkan gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Ngoc Minh Chuyen (45+3′) dan Nguyen Thi Nhu Quynh (73′). Hasil ini membawa tim Garuda Pertiwi U 18 turun ke peringkat ke tiga.(*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250