Karakter Persipura diambil skuad “Mutiara Bakau, Waropen”

Persipura
Ricky Chawor atau Todd Ferre pantas memperkuat lini depan Persipura musim mendatang. Ricky Chawor saat membela tim PON Papua -Jubi/ist

 

 

banner 400x130

Jayapura, Jubi- Meski belum mampu meraih poin sempurna di bekas Markas Persipura, mantan el capitano tim berjuluk Mutiara Hitam mampu membawa karakter bermain dan gaya Persipura ke dalam skuad berjuluk Mutiara Bakau dari Waropen. Ya, hampir pertandingan penuh, skuad asuhan mantan pelatih PON Papua menyerang ke jantung pertahanan klub besutan bekas pelatih PON NTT di Papua 2021.

Ball possession masih dipegang tim tuan rumah Persewar Waropen,”kata Johan salah seorang pecinta sepak bola yang tinggal di Dok V Atas Jayapura kepada jubi.id Sabtu (1/10/2022) usai menyaksikan pertandingan derby Papua antara Persewar Waropen melawan Persipura.

Dia menambahkan tercatat beberapa peluang emas yang berhasil diselamatkan penjaga gawang Persipura Mario Fabio Londok. Bahkan tendangan eks pemain Persipura I Nyoman Ansanay nyaris membobol jala Londok, beruntung dia mampu menepis bola menit ke 52. “Selamatlah gawang Mutiara Hitam,”dari sepakan anak dari Kampung Menawi Yapen yang memakai nama orang Bali itu.

Karakter permainan Persipura, jelas adalah permainan bola pendek dan cepat serta ball possession serta variasi serangan dari lini tengah. Selain itu adalah kecepatan di dalam melakukan penyerangan. Sayangnya ciri khas permainan Persipura, belum terlihat selama Persipura ditukangi juru taktik Ricky Nelson.

Salah satu catatan penting adalah, bermain dengan karakter Persipura sesungguhnya para pemain harus punya kekuatan fisik, kemampuan menerapkan taktik dan strategi. Jika pelatih belum memahami karakter pemain dan fisik pemain yang rendah, jangan terlalu berharap banyak untuk mengembalikan karakter asli Persipura. Apalagi pelatih Ferdinando pernah bilang pelatih Ricky Nelson miskin taktik dan memilih bermain aman saja.

Walau mendapat kritik dari para pengamat, pelatih Ricky Nelson sudah menjalani debutnya bersama Persipura, untuk sementara menempati urutan pertama setelah bermain imbang dalam laga derby Papua.

Memang ada pekerjaan rumah bagi Ricky Nelson untuk mengembalikan karakter Persipura sesungguhnya yang sudah diambil Persewar melalui mantan el capitano tim berjuluk Mutiara Hitam. Karakter Persipura jelas membutuhkan pemain yang punya fisik prima dalam menjaga area pertahanan maupun saat menyerang. Ini artinya bahwa antara transisi serang maupun bertahan harus seimbang.

Misalnya Brian Fatari saat ikut membantu serangan harus cepat pula turun menjaga area. Bukan hanya Brian saja tetapi Mandowen, Ramai maupun Sansan juga ikut membantu pertahanan terutama memutus serangan maupun merebut bola.

Salah satu kekuatan Persipura lainnya adalah mampu mengorbitkan pemain muda dengan menurunkan pemain muda seperti Samuel Gwijangge, Alex Dusay. Alphons Migau. Peran pemain muda ini penting agar punya jam terbang dan bangkitkan rasa percaya diri, sehingga ketergantungan kepada pemain senior mulai berkurang.

Apalagi kompetisi butuh pemain muda bertenaga dan mampu melakukan permainan cepat dan terukur. Meski Persipura sudah memiliki striker Sansan, Wanggai, Mandowen, Rumakiek dan Nabar. Mutiara Hitam masih butuh pemain seperti Ricky Chawor ataupun Todd Rivaldo Ferre yang mampu mencetak gol maupun memberikan assit. Hal ini bisa dilihat bagaimana Ricky Chawor maupun Todd Ferre memainkan peran sebagai pencetak gol maupun pemberi umpan alias pembuat assist bagi striker.(*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250