Empat Provinsi berpotensi jadi tuan rumah Porwanas PWI XIV

Porwanas PWI
Penutupan Porwanas XIII di Malang Raya - Jubi / Sudjarwo Husain

Jayapura, Jubi – Usai penyelenggaraan yang ke-XIII di Malang Raya, sebanyak empat provinsi berpeluang besar untuk menjadi tuan rumah perhelatan olahraga antar wartawan seluruh Indonesia atau Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024.

Meskipun Porwanas menjadi ajang yang melekat dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas), namun sampai saat ini tuan rumah dua ajang tersebut pada 2024 mendatang yakni Aceh dan Sumatera Utara belum mengajukan diri.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Depari pun menyebut belum ada tuan rumah yang ditentukan. Namun ada beberapa provinsi yang sudah bersedia untuk menjadi tuan rumah. Empat provinsi yang mengajukan diri dan diusulkan yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Solo (Jawa Tengah) dan Bali.

“Sementara kan rencananya masih di Aceh karena mereka tuan rumah PON, belum diputuskan tuan rumah, tapi ada yang sudah mencalonkan diri, ada Kalteng juga ajukan diri dengan Kaltim. Kita nanti pilih mana yang cocok,” kata Atal kepada wartawan di Kota Malang, baru-baru ini.

Meski begitu, Atal menegaskan jika penunjukan tuan rumah Porwanas XIV tahun 2024 akan ditentukan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI dalam rapat kerja.

“Bagaimana nantinya itu urusan SIWO, dalam rapat kerja SIWO nanti akan ditetapkan tuan rumahnya, baru akan direkomendasikan ke PWI Pusat,” jelasnya.

Sebelumnya, Atal menyebut jika pelaksanaan hajatan olahraga bergengsi antar wartawan seluruh Indonesia itu kemungkinan akan digelar dalam tiga tahunan, atau dipercepat dari pelaksanaan semula yang empat tahun sekali.

Hal tersebut diusulkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

“Kalau Menpora bilang kalau bisa jangan empat tahun, lama katanya. Tapi kalau bisa dua tahunan lah. Kalau dua tahun katakanlah Papua jadi tuan rumah berikutnya, kalau teman-teman dari jauh pasti kewalahan dipendanaan. Tiap dua tahun siapakan dana untuk Porwanas. Itu yang jadi kendala juga. Jadi mungkin tiga tahunan sekali. Kita pun bisa istirahat dulu untuk cari pendanaan,” ujarnya.

Sementara itu, SIWO PWI Surakarta, Solo, Jawa Tengah sendiri sudah menyatakan ketertarikannya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XIV pada 2024 mendatang. Hal itu menyusul berbagai fasilitas olahraga berstandar internasional yang berada di Kota Solo maupun Solo Raya.

“Kalau saya melihat Porwanas Jawa Timur 2022 bisa kami jadikan pelajaran untuk Solo menjadi tuan rumah. Berbagai fasilitas olahraga sangat lengkap di Solo, termasuk dengan fasilitas penunjang seperti hotel dan masih banyak lagi,” kata Ketua SIWO PWI Surakarta, Ronald Seger Prabowo.

Ia mengaku tak ragu, karena Solo sudah beberapa kali menjadi tuan rumah iven olahraga nasional maupun internasional. Termasuk tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 2023 mendatang. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250