Eduard Ivakdalam, pencetak gol terbanyak Persipura di laga kontra Deltras 

Eduard Ivakdalam
Eduard Ivakdalam saat masih bermain di Persipura, saat mencoba menghalau tendangan pemain Persib Bandung. - Jubi/Instagram

Jayapura, Jubi – Pertemuan Persipura Jayapura dengan Deltras Sidoarjo di kompetisi profesional sepak bola Indonesia sudah terjadi sejak lama atau sejak 28 tahun yang lalu. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 30 kali.

Sejarah mencatat, mantan kapten Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam, sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol ke gawang Deltras Sidoarjo atau Gelora Dewata (sebelum berpindah ke Sidoarjo) sejak Liga Indonesia 2001.

Eduard Ivakdalam yang sudah berseragam tim Mutiara Hitam sejak era awal kompetisi Liga Indonesia (Ligina), membukukan sebanyak 9 gol saat berjumpa Deltras Sidoarjo sejak Liga Indonesia 2001.

Di musim tersebut, Persipura menang telak pada putaran pertama dengan skor 6-2 di Stadion Mandala, dan Eduard Ivakdalam menyumbangkan satu gol.

Semusim berikutnya, tahun 2002, juga di Stadion Mandala, legenda yang akrab disapa Edu itu mencetak hattrick dan mengantarkan Persipura menang dengan skor 3-0 pada putaran pertama. Lalu di putaran kedua Edu kembali menyumbangkan satu gol dalam hasil imbang 1-1.

Tahun 2004, kapten ikonik Persipura Jayapura itu mencetak dua gol ketika timnya menang telak dengan skor 6-1 di Stadion Mandala. Edu lagi-lagi mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 di markas Deltras pada putaran kedua.

Gol kesembilan Eduard Ivakdalam ke gawang Deltras ia cetak pada leg pertama kompetisi 2006. Ketika itu, Persipura menang dengan skor 2-0.

Selain legenda yang identik dengan nomor 10 itu, dua pemain Persipura yang juga sering membobol gawang Deltras yakni Alberto “Beto” Goncalves dan Boaz Solossa. Beto dan Boaz sama-sama telah mencetak empat gol ke gawang Deltras.

Boaz Solossa mencetak gol pertamanya ke gawang Deltras pada leg pertama babak perempatfinal Copa Indonesia 2006. Di laga itu kedua tim bermain imbang 1-1 dan Boaz mencetak satu-satunya gol Persipura.

Pada ajang yang sama, Boaz mencetak dua gol ke gawang Deltras di babak semifinal leg pertama dan mengantarkan Persipura menang 3-1. Boaz membuat gol keempatnya ke gawang Deltras pada putaran pertama Liga Super Indonesia 2008 dan mengantarkan tim Mutiara Hitam menang dengan skor 2-0.

Sementara, Beto Goncalves mencetak tiga gol ke gawang Deltras juga pada babak semifinal Copa Indonesia 2007. Dan satu gol ke gawang Deltras dalam kemenangan 2-0 di kompetisi Liga Indonesia 2008.

Kini, Persipura akan berjumpa kembali dengan Deltras Sidoarjo pada laga lanjutan wilayah timur kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 di Stadion Utama Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Minggu (18/9/22).

Tampil dengan skuad berbeda, Persipura berharap dua penyerang sayapnya, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek bisa menjebol gawang Deltras.

“Target kita tentu saja ingin menang di laga lawan Deltras di kandang sendiri,” kata pelatih Persipura, Ricky Nelson.

Gunansar dan Ramai sementara menjadi pencetak gol terbanyak untuk Persipura di kompetisi Liga 2 dengan sama-sama mengoleksi dua gol. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250