Papua No.1 News Portal | Jubi

Dua Atlet NPCI Papua panen medali emas ASEAN Para Games di Solo

Writer: SudjarwoEditor: Edho Sinaga
Atlet NPCI Papua
Atlet Tenis Meja NPCI Papua, Hana Resty (kaos merah) saat bertanding / Dok. NPCI Papua  

Jayapura, Jubi – Dua orang atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Papua yakni Marinus Melianus dan Hana Resty berhasil memanen medali emas untuk kontingen NPC Indonesia di ajang ASEAN Para Games ke-11 di Solo, Jawa Tengah.

Dua atlet tersebut mempersembahkan pundi-pundi medali emas dari dua cabang olahraga berbeda.

Marinus Yowei membawa pulang 3 medali emas dari cabang olahraga renang yang digelar di Stadion Renang Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, dari nomor estafet 4×100 meter medley relay 49 point putra klasifikasi SB13, nomor estafet 4×100 meter freestyle relay 49 point putra dan nomor terakhir di 50 meter gaya dada putra SB13, Jumat (5/8/22).

Marinus juga menyabet 2 medali perunggu dari nomor 100 meter gaya dada SB13 dan 50 meter gaya bebas putra S13.

Dari cabang olahraga tenis meja yang dipertandingkan di Solo Technopark, salah satu atlet berpengalaman NPCI Papua yang juga berlabel atlet elit, Hana Resty juga sukses menggondol 3 medali emas.

Medali emas pertama dan keduanya ia raih dari nomor beregu campuran dan beregu putri.  Resty menggenapi hattrick medali emasnya usai mengalahkan sesama atlet Indonesia Imas Yuniar di nomor perseorangan putri kelas 9, Jumat (5/8/22).

“Puji syukur, atlet kita bisa mempersembahkan  medali emas lagi. Marinus dan Hana Resty ini memang atlet yang kita unggulkan sekali untuk menyumbangkan banyak medali emas. Dan mereka berhasil mencapai itu. Kita berharap masih ada tambahan medali lagi dari cabor-cabor lainnya,” kata Ketua Umum NPCI Papua, H. Jayakusuma.

Selain Marinus dan Hana Resty, sejumlah atlet NPCI Papua juga berhasil menyumbangkan medali emas, di antaranya Mahda Aulia dari cabor panahan, Maria Wilil dan Dapiel Bayage dari atletik, Menaser Number dari renang, Junaedi, Novia Larasati dan Nurul Fadilah dari judo tuna netra.

Atlet NPCI Papua masih berpotensi menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia dari cabang olahraga sepak bola cerebral palsy (CP) yang diperkuat oleh Efi Jikwa. Indonesia akan memperebutkan medali emas dalam laga final kontra Thailand, sore ini.

NPCI Papua mengirimkan 19 atletnya untuk memperkuat tim nasional NPC Indonesia pada ajang ASEAN Games ke-11 di Solo. 19 atlet itu di antaranya Hana Resty dan Ida Yanni (Tenis Meja), Dapiel Bayage dan Maria Wilil (Atletik), Menaser Numberi, Marinus Melianus Jowei, Marlanda Oropa (Renang), Rexus Ohee (Boccia), Efi Yikwa (Sepak bola Cerebral Palsy), Agus Fitriadi, Daryoko, Ndaru Patma Putri, Siti Hanna Komala Sari (Tenis Lapangan Kursi Roda), Mahda Aulia (Panahan), Yunia Winarni (Bulutangkis), Nurul Fadilah, Novia Larasati, Junaedi (Judo Tuna Netra) dan Alfrets Dien (catur). (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250