Nusa  

Pemilu 2024, Menteri Mahfud ingatkan KPU rentan digugat

pemilihan
Ilustrasi Pemilu, (jubi.id/pixabay.com)

Jakarta, Jubi – Menko Polhukam Mahfud MD mengingatkan komisioner dan pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar berhati-hati saat bertugas karena lembaga itu rentan digugat oleh peserta Pemilu.  Mahfud menegaskan pemerintah siap mendukung seluruh kebutuhan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu termasuk  terkait peraturan dan dana.

“Saya katakan kepada (komisioner) KPU hati-hati, apa pun yang anda lakukan pasti ada yang menggugat. Saya katakan KPU harus firm (tegas, red.) dan bekerja dengan tanggung jawab,” kata Mahfud, dikutip Antara, Rabu, (11/4/2022).

Menurut Mahfud tahapan Pemilu 2024 mulai pada 14 Juni 2022. Sedangkan Polhukam sudah mendapatakn sejumlah laporan dari KPU. Di antaranya tahapan Pemilu akan segera dimulai sesuai dengan ketentuan undang-undang, kami sudah menghitung mundur mulainya 14 Juni (2022).

“Jadi, kalau sudah jalan itu sulit untuk ditarik lagi 14 Juni itu sebentar lagi, satu bulan lagi kira-kira akan dimulai,”  kata Mahfud menjelaskan.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan telah menemui Mahfud untuk berkonsultasi dan bersilaturahmi. “Kami silaturahim ke sejumlah menteri yang berkaitan dengan Pemilu yang di bawah koordinasi beliau (Menko Polhukam, red.) dalam rangka untuk memberikan dukungan kepada KPU khususnya kepada penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024,” kata Hasyim. (*)

Comments Box
Exit mobile version