PT Freeport bantu pembangunan gedung sains Uncen Rp45 miliar

PT Freeport
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, saat memberikan arahan di hadapan mahasiswa Uncen di Kota Jayapura, Kamis (6/10/2022). - Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – PT Freeport Indonesia membantu pembangunan gedung pusat sains dan kemitraan Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua senilai Rp45 miliar.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, mengatakan bantuan tersebut merupakan komitmen pihaknya dalam menyiapkan sumber daya manusia Papua yang berkompeten.

“Freeport sudah 55 tahun ada di Bumi Cenderawasih dan bagian dari Papua. Uncen adalah salah satu mitra utama kami. Oleh karena itu, kami sedang melakukan kerjasama dengan untuk membangun gedung sains,” kata Tony Wenas di sela-sela orasi ilmiah di Auditorium Uncen Padang Bulan, Kota Jayapura, Kamis (6/10/2022).

Selain gedung sains, ujar ia, PT Freeport juga akan meneruskan program-program yang sudah berjalan selama ini. Bahkan hari ini juga melakukan MoU untuk penelitian bersama senilai Rp1,5 miliar.

“Melalui kerjasama ini, kami sangat berharap Uncen dan Freeport dapat terus bahu membahu membangun Papua dengan mempersiapkan SDM unggul. Indonesia maju, Papua jaya,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safanpo, menyampaikan terimakasih kepada Freeport yang telah memberikan bantuan pembangunan gedung sains dan kemitraan.

“Ini adalah bantuan yang sangat luar biasa,” kata Apolo.

Menurut ia, selama ini Freeport juga telah banyak membantu Uncen dalam kuliah-kuliah umum maupun magang, penelitian dosen serta kegiatan akademik dan non akademik yang selama ini sudah berlangsung sejak lama.

“Kami harapkan kerjasama ini bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” harap Apolo Safanpo.

Sekedar untuk diketahui, peletakan batu pertama pembangunan gedung sains Uncen juga dihadiri Direktur McMoran, Richard C. Adkerson, dan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250