Jurnalis Asli Papua Victor Mambor Raih Udin Award 2022

Victor Mambor
Pemimpin Umum Media Jubi Papua Victor C Mambor saat memberikan orasi singkat seusai terpilih mendapatkan Udin Award 2022 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) - Jubi/Edho Sinaga

Jakarta, Jubi – Pemimpin Umum Media Jubi Papua yang juga mantan Ketua AJI Jayapura, Papua Victor Mambor mendapatkan penghargaan Udin Award dalam perayaan ulang tahun Aliansi Jurnalis Independen – AJI ke-28.

Victor Mambor merupakan jurnalis asli Papua yang sudah mendedikasikan hidupnya selama puluhan tahun di bidang jurnalisme.

Victor kerap dituduh sebagai otak di balik terjadinya demonstrasi, di mana yang menuduh pun tak jua menemukan buktinya. Selain itu, Victor pun sering mengalami kekerasan digital dan perusakan inventaris pribadi.

Baru-baru ini, kendaraan roda empat milik Victor dirusak orang tak dikenal. Sebelum itu, sosial media miliknya juga didoxing, serta data pribadinya diumbar di dunia maya.

Victor
Victor Mambor saat diperiksa oleh Polisi – Dok.AJI

Walau begitu, Victor bersama Jubi terus meletakkan dasar dan prinsip jurnalisme dalam karya-karya jurnalistiknya. Atas dasar itulah, sejumlah dewan juri memilih Victor untuk mendapatkan Udin Award di 2022 ini.

Dalam unggahan di media sosialnya, Victor pun mengucapkan terima kasih atas penghargaan Udin Award ini.

“Penghargaan ini tentunya mengingatkan kita kembali bahwa intimidasi, kriminalisasi, kekerasan fisik, verbal dan digital terhadap jurnalis seperti yang dialami oleh Fuad Muhammad Syafruddin (Udin), pemilik nama penghargaan ini, masih ada hingga saat ini dan kita masih berjuang demi pers yang bebas,” ungkapnya, Minggu (07/08/2022).

Victor melanjutkan, meskipun secara umum Indonesia menghadapi represi oligarki dan penyempitan ruang demokrasi, namun secara khusus dirinya ingin menekankan bahwa kebebasan pers di Tanah Papua, masih berada di posisi paling rendah di Indonesia.

“Jika kita percaya bahwa pers adalah pilar demokrasi keempat, maka sudah seharusnya kita mendorong kebebasan pers yang lebih baik di Tanah Papua agar demokrasi di Tanah Papua semakin baik juga, sehingga benar-benar menjadi surga kecil yang jatuh ke bumi,” ungkapnya.

Malam resepsi HUT AJI ke-28 ini dihadiri oleh ratusan orang secara digital. Tahun 2022 menjadi tahun ketiga AJI merayakan ulang tahunnya secara digital akibat Pandemi Covid-19.

“Semoga tahun depan kita bisa laksanakan secara langsung. Terima kasih kepada seluruh anggota AJI dan rekan-rekan mitra AJI,” ungkap Sekjen AJI Indonesia, Ika Ningtyas.

Selain itu, dalam resepsi HUT AJI ke-28 ini, ada sejumlah nama yang mendapatkan penghargaan. Yakni, peraih penghargaan Tasrif Award yakni Herlambang Perdana dan Project Multatuli. Sedangkan SK Trimurti Award diraih oleh Puji Astuti.

Ada penghargaan baru di HUT AJI ke-28 ini, yakni penghargaan pada Lembaga Pers Mahasiswa Lintas IAIN Ambon, serta penghargaan pada jurnalisme warga versi perorangan yakni Buono dan versi lembaga yakni Nggalek.co. (*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250