Mappi  

Penjabat Bupati Mappi kunjungi sejumlah distrik, 5 hari bermalam di lapangan

Kunjungan Penjabat Bupati Mappii ke 5 Distrik Pedalaman
Dok. Pemkab Mappi

Mappi – Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi mengunjungi sejumlah distrik di pelosok Kabupaten Mappi. Kunjungan itu merupakan kunjungan pertama Michael R Gomar sejak dilantik sebagai Penjabat Bupati Mappi pada 27 Mei 2022 lalu.

Penjabat Bupati Mappi menyambangi lima distrik yang letaknya cukup jauh dari Kepi, ibu kota Kabupaten Mappi pada 3 – 7 Oktober 2022. Kelima distrik itu adalah Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme, dan Distrik Bamgi.

Kondisi geografis yang cukup sulit membuat Penjabat Bupati Mappi harus menggunakan speedboat dengan waktu tempuh 2 – 3 jam. Selama lima hari kunjungan kerja itu, Penjabat Bupati Mappi bermalam dari distrik ke distrik.

Dalam kunjungan kerja itu, Penjabat Bupati Mappi didampingi dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mappi, Kabag Log Kepolisian Resor Mappi, Kepala Kepolisian Sektor Edera, Wakil Komandan Kompi 2 Bade. Rombongan itu disambut masyarakat dengan antusias.

Kunjungan Penjabat Bupati Mappii ke 5 Distrik Pedalaman
Dok. Pemkab Mappi

Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi menyatakan kunjungan itu dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi warga di distrik dan kampung, serta mendengar kendala, masukan, dan saran dari masyarakat yang ada di setiap distrik dan kampung. Penjabat Bupati Mappi antara lain mengumpulkan informasi terkait sarana dan prasarana di kelima distrik, termasuk pelayanan publik, sekolah, puskesmas, rumah ibadah, hingga fasilitas TNI/Polri.

Penjabat Bupati Mappi meminta masyarakat untuk terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif, mendukung proses tahapan hingga pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Ia juga meminta para kepala kampung tepat sasaran dalam mengelola Dana Desa.

Penjabat Bupati Mappi  menerangkan fasilitas pemerintahan—mulai dari kantor distrik, puskesmas, sekolah, hingga rumah ibadah, infrasturktur jalan dan jembatan, air bersih, penerangan, dan jaringan telekomunikasi—masih harus dibenahi. Pembenahan itu akan dimulai dari gedung beserta fasilitas pendukung serta petugas yang masih kurang.

Kunjungan Penjabat Bupati Mappii ke 5 Distrik Pedalaman
Dok. Pemkab Mappi

Dalam kunjungan kerja itu, Penjabat Bupati Mappi juga menyerahkan buku tulis untuk siswa SD di sejumlah distrik. “Sejak Senin lalu, saya didampingi dua anggota DPRD Mappi, perwakilan Kapolres Mappi yaitu Kabag Log, Wadanki Kompi 2 Bade dan Kapolsek Edera berserta rombongan melakukan kunjungan ke distrik-distrik. Dalam kunjungan tersebut, tentunya kami bisa melihat dan mendengar secara langsung kondisi di lapangan, serta mendengar kendala masukan dan saran dari masyarakat,” ungkapnya.

Penjabat Bupati Mappi menerangkan aspirasi berupa saran dan masukan yang diterimanya akan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Mappi ke depannya. Ia menyatakan akan mengunjungi sembilan distrik lainnya pada pekan depan.

“Banyak keluhan saran dan masukan yang kami terima, dan itu akan menjadi fokus kebijakan prioritas pembangunan yang akan kami programkan ke depannya. Namun kita ketahui bahwa tidak semua kita dapat lakukan secara serentak. Akan tetapi, secara bertahap dan berkelanjutan akan kami realisasikan, mulai dengan melihat program yang prioritas dan urgent di masyarakat,” ungkapnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250