Jayapura, Jubi – Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, minta aparat pemerintah kampung terus meningkatkan pelayanan demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
“Demi terciptanya pelayanan masyarakat dan pembangunan kampung maka dibutuhkan sumber daya manusia atau SDM yang handal dalam memberikan pelayanan,” ujar Pekey di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (28/2/2024).
Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya di 14 kampung di wilayah Kota Jayapura, maka revitalisasi, restrukturisasi, dan deregulasi di bidang pelayanan publik merupakan upaya yang harus dilakukan.
“Tidak kalah penting lagi adalah profesional dan terus menjalin kerja sama serta sinkronisasi antara kepala kampung, staf, bamuskam, dan masyarakat agar program dan kegiatan berjalan sesuai yang direncanakan,” ujarnya.
Peningkatan kualitas pelayanan di kampung merupakan tanggung jawab kepala kampung dan staf serta badan musyawarah kampung atau bamuskam, dengan melakukan inovasi sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
“Kualitas pelayanan merupakan salah satu ujung dari keberhasilan reformasi birokrasi dan menjadi barometer kepuasan masyarakat, sehingga harus terus didampingi agar maksimal dalam pelaksanaanya,” ujarnya.
Dinamika masyarakat yang masih menuntut pelayanan menjadi lebih cepat, mudah, dan menyentuh semua kalangan masyarakat khususnya yang berada di kampung.
“Pendampingan dalam penyelenggaraan pemerintahan dilakukan agar maksimal sesuai ketentuan, dan tentunya sesuai harapan semua pihak, yakni pelayanan yang efisien, cepat, tepat, dan responsif,” ujarnya. (*)