Bunda dan Pokja PAUD berperan penting dalam pengembangan pendidikan

Pokja PAUD
Penjabat Wali Kota Jayapura saat mengukuhkan Bunda PAUD Kota Jayapura, Rabu (25/1/2023). - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, mengukuhkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD tingkat kota dan distrik periode tahun 2022-2024.

Pengukuhan yang berlangsung di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (25/1/2023), sekaligus dilakukan pengukuhan Kelompok Kerja atau Pokja PAUD.

“Sebagai upaya pengembangan program pendidikan PAUD agar terwujud SDM yang hebat dan berkualitas menuju Kota Jayapura yang mandiri dan sejahtera, hebat, adil, dan sejahtera,” ujar Pekey.

PAUD adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia enam tahun, sebagai upaya pengembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Pendidikan di usia dini dapat menstimulasi perkembangan emosional, intelektual anak, menanamkan kejujuran, kedisiplinan, dan hal-hal positif lainnya sejak dini,” ujarnya.

Pekey berharap kepada Bunda dan Pokja PAUD terus berkoordinasi, bersinergi, dan berkomunikasi dengan pemerintahan, lembaga, dan organisasi supaya pembinaan PAUD berjalan dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Debora Rumbino, mengatakan pengukuhan ini sebagai upaya gerakan PAUD nasional berkualitas dengan peningkatan mutu layanan.

“Bunda PAUD mewujudkan pengembangan, pemberdayaan terintegrasi dan berkesinambungan, Pokja Bunda PAUD sebagai motor penggerak, membina, membangun akses, mutu, dan layanan,” ujarnya.

Rumbino berharap membantu pemerintah, mensosialisasikan, mengintegrasikan program dan kegiatan PAUD agar membangun pendidikan yang berkualitas.

Pokja PAUD
Bunda PAUD Kota Jayapura, Ny. Maria Yuvita G. Pekey saat mengukuhkan Pokja Bunda PAUD, Rabu (25/1/2023). – Jubi/Ramah

Bunda PAUD Kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey, mengatakan anak-anak yang mengikuti PAUD memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik, seperti belajar, bermain, hingga makan dan minum bersama dengan teman sebayanya.

“Saya berharap bersama-sama meningkatkan mutu layanan PAUD berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan anak di masa depan menuju ke jenjang pendidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Pengukuhan Bunda dan Pokja PAUD dirangkaikan dengan pembekalan dari Pokja Bunda PAUD Provinsi dan UNICEF Perwakilan Papua dan Papua Barat. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250