2.500 pengusaha Kota Jayapura terdaftar di OSS

2.500 pengusaha
Kepala DPMPTSP Kota Jayapura, Fillep C Hamadi (kiri), bersama kolega. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kota Jayapura, Fillep C Hamadi, mengatakan sekitar 2.500 pengusaha sudah terakomodir di aplikasi OSS.

“Itu data dari Oktober 2021 hingga November 2022. Semua jenis usaha,” ujar Fillep Hamadi di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (30/11/2022).

OSS adalah perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau online single submission, yang diterbitkan oleh lembaga OSS atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati, wali kota.

“Kecuali izin usaha kesehatan, seperti praktek dokter, izin usaha praktek perawat belum terakomodir dalam OSS, karena masih dilakukan secara manual saat pendaftaran [bukan izin usaha],” ujarnya.

Persyaratan izin OSS, yaitu perizinan berusaha sektor pertanian, sektor lingkungan hidup, sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat, sektor perikanan, sektor kesehatan, dan sektor perdagangan.

“Kami turun langsung melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama para pengusaha agar terdaftar di OSS,” ujarnya.

OSS menjadi kewajiban bagi pelaku usaha, karena untuk mendapatkan modal dari perbankan maka harus terdaftar di OSS.

“Kami siap membantu dengan mendatangi kantor DPMPTSP atau mendaftar secara mandiri, dengan cara membuka aplikasi OSS di Google dan mengikuti alur yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Fillep Hamad berharap semakin banyak pengusaha yang melakukan pendaftaran melalui OSS, karena sebagai adminstrasi dan kelangsungan usaha untuk mendapatkan legalitas. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250