Bupati Merauke tegaskan agar kepala dinas tidak sering ke luar daerah

Bupati Merauke
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka saat konferensi pers klarifikasi pernyataan di video yang viral - Jubi/Emanuel Riberu.

Merauke, Jubi – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengingatkan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua untuk tidak sering ke luar daerah. Apalagi jika tidak menyangkut urusan kantor, para kepala dinas dilarang melakukan perjalanan ke luar Merauke.

Bupati Mbaraka mengatakan jika para kepala dinas sering ke luar daerah, dampaknya program dan kegiatan di instansi tidak optimal berjalan. Dengan perginya pimpinan, staf tidak bisa diawasi baik dalam pekerjaan. Dampaknya pula, masyarakat menjadi kurang tersentuh dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Kalau kepala dinasnya sering keluar daerah, staf akan jadi kocar-kacir dalam bekerja, karena tidak ada yang awasi atau juga mau mengimplementasikan program harus tunggu pimpinan. Juga kalau sering keluar daerah, kepala dinas dia akan kurang memahami secara spesifik terkait program-program yang dilaksanakan,” kata Mbaraka di Merauke, Rabu (31/8/2022).

“Karena itu saya ingatkan kepada para kepala dinas, kalau bukan urusan tugas kantor, jangan asal keluar daerah. Parah lagi kalau menyelipkan urusan pribadi dalam urusan kantor lalu jalan secara diam-diam,” sambungnya.

Mbaraka menegaskan agar para kepala dinas tidak keluar daerah apalagi dalam masa-masa perubahan anggaran tahun 2022. Menjelang perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merauke 2022, kepala OPD harus berasa di tempat untuk dapat bersama stafnya menyiapkan dan atau menyesuaikan program dan kegiatan pada anggaran perubahan.

Selain itu juga dari jauh hari telah merencanakan serta menyiapkan program dan kegiatan untuk APBD induk 2022.

“Sekali lagi saya ingatkan kepada kepala dinas agar tidak terlalu sering keluar daerah, apalagi menjelang perubahan dan penutupan tahun anggaran. Kita juga dari jauh hari sudah harus merencanakan dan menyiapkan program jangka pendek untuk tahun anggaran selanjutnya,” tutup Mbaraka. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250