Pemkab Jayawijaya bantu dana dan mesin kopi bagi kelompok tani di Wamena

Jayawijaya
Bupati Jayawijaya, Jhon Banua saat foto bersama kelompok tani usai penyerahan bantuan dana dan mesin kopi di kantor Otonom Wamena. -Jubi/Imma Pelle

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Jayawijaya, Provinsi Papua Pengunungan, menyalurkan bantuan dana untuk peternak ayam dan mesin penggiling kopi kepada kelompok tani di Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua, mengatakan bantuan yang disalurkan kepada masyarakat tersebut, dananya berasal dari PT Freeport Indonesia dan APBD.

“Kelompok tani ini semua dari dinas terkait sudah memfasilitasi mulai dari bibit, alat kerja, mesin penggiling dan bantuan dana agar mereka bisa lebih mandiri,” katanya, Rabu (4/1/2023).

Bupati menjelaskan bahwa kelompok tani yang dibantu merupakan kelompok yang usahanya sudah berjalan bagus.

“Karena hasilnya seperti ayam potong dan telur sudah dipasarkan, sehingga kami memberikan bantuan lagi supaya mereka tidak berharap kepada pemerintah, karena besok kita akan fokus kepada kelompok tani yang lain,” katanya.

Di tempat yang sama, salah satu penerima bantuan yakni Yanuarius Lanni mengatakan, sebagai pengusaha ia turut bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Jayawijaya

“Sesuai rencana ke depan akan membuka usaha kedai kopi menggunakan mobil yang saat ini sedang dirancang atau didesain, untuk berjualan kopi keliling di kota atau di tempat-tempat keramaian,” katanya.

Tambahnya, dalam setahun petani bisa dua kali panen kopi setiap enam bulan sekali, sehingga setiap kali panen bisa mencapai 30 sampai 40 ton kopi.

“Untuk pemasaran kopi sendiri kami saat ini hanya fokuskan di tingkat lokal sampai nasional, sementara untuk ke tingkat mancanegara sementara waktu kami hentikan, karena permintaan pasar di daerah sangat banyak dan stok kami tidak mencukupi permintaan pasar,” katanya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130
banner 728x250