Papua No.1 News Portal | Jubi

Dinas Kominfo Jayawijaya melaksanakan pelatihan TIK untuk OAP di Distrik Walesi

Writer: Imma PelleEditor: Kristianto Galuwo
Jayawijaya
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jayawijaya berfoto bersama peserta pelatihan TIK. - Jubi/Imma Pelle

Wamena, Jubi – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayawijaya melaksanakan pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan sosialisasi pemanfaatan TIK di Distrik Walesi, untuk meningkatkan kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP).

Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Jayawijaya, Haris Asso mengatakan jaringan internet di Jayawijaya terus menjadi masalah utama, dan sejak 2017 lalu dari 29 OPD yang ada hanya beberapa OPD saja yang memiliki jaringan internet.

“Seperti kantor Bappeda, Kantor Keuangan, Inspektorat, dan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang punya jaringan internet, sementara OPD yang lain sebagian besar belum memiliki jaringan,” katanya, di Distrik Walesi, Selasa (30/8/2022).

Untuk itu, kata dia, Dinas Kominfo membuat program pertama untuk pembangunan jaringan ke setiap OPD yang ada, sehingga saat ini masing-masing OPD memiliki jaringan internet.

“Kemudian yang kedua ini kami targetkan untuk pembangunan jaringan di tingkat distrik dan kampung, melalui program pemerintah pusat, kami pemerintah daerah mendukung untuk menjalankan pembangunan jaringan telekomunikasi berupa tower dan jaringan Wi-Fi, yang seperti saat ini sedang dibangun di 40 distrik yang ada di Jayawijaya,” katanya.

Asisten I Setda Kabupaten Jayawijaya, Tinggal Wusano mengatakan pelatihan TIK di Distrik Walesi merupakan kegiatan dan sosialisasi agar masyarakat paham terkait jaringan telekomunikasi, dan guna menyejahterakan masyarakat.

“Untuk tahun ini kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini hanya dilakukan di 12 distrik yang menjadi sasaran utama dari 40 distrik yang ada di Jayawijaya salah satunya Distrik Walesi. Sementara untuk distrik yang lain akan dilakukan pada tahun-tahun berikutnya, karena secara pembiayaan tidak mencukupi untuk dilakukan di 40 distrik yang ada,” katanya.

Mewakili tokoh masyarakat di Distrik Walesi, Yarius Asso mengatakan dengan kehadiran jaringan telekomunikasi di tingkat distrik, sangat membantu khususnya untuk anak-anak sekolah dan mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya, dalam mengakses internet untuk tugas-tugas sekolah.

“Di Distrik Walesi sendiri sudah ada 4 tower jaringan dan 4 titik jaringan W-Fi, tetapi selama ini belum bisa berjalan normal karena jaringan sampai saat ini masih lelet atau timbul tenggelam, saya berharap Dinas Kominfo memperhatikan dan mempercepat proses pembangunan jaringan telekomunikasi agar bisa berjalan normal,” katanya. (*)

Kepala Distrik Walesi, Daniel Yelipele turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah datang ke distriknya. “Terima kasih karena telah melakukan kegiatan pelatihan TIK ini,” katanya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250