Papua No.1 News Portal | Jubi

Cegah kepala kampung bawa lari BLT, Dinsos Jayawijaya ubah sistem penyaluran dana

Writer: AntaraEditor: Kristianto Galuwo
Jayawijaya
Ilustrasi masyarakat Jayawijaya. -Jubi/Dok

Wamena, Jubi – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jayawijaya, akan mencegah aksi kepala kampung membawa lari Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan cara tidak lagi menyalurkan dana warga itu melalui kepala kampung.

Kepala Dinas Sosial Jayawijaya, Nikolas Itlay, mengatakan sistem penyaluran bantuan itu sudah diubah sebab banyak keluhan warga bahwa dana bantuan tidak sampai ke mereka.

“Banyak kasus di desa bahwa kepala kampung bawa lari uang sehingga sasaran penerima manfaat tidak menerima. Kami Dinas Sosial banyak mendapat pengaduan dari masyarakat dan kami selesaikan di sana,” katanya, di Wamena, Rabu (22/6/2022).

Baca juga :   Kampanyekan Mogok Sipil Nasional, KNPB Dogiyai buat turnamen olahraga

Sistem penyaluran yang hendak digunakan adalah melalui pemerintah distrik, dan dihadiri masyarakat sejumlah kampung yang ada di distrik bersangkutan.

“Tahun ini kami sudah tekankan, pembayaran harus dilakukan di kantor distrik. Kepala kampung itu dia sebagai pendamping, bukan yang harus ambil alih,” katanya.

Dinsos memastikan yang bertanggung jawab terhadap penyaluran BLT adalah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Nikolas telah menyampaikan kepada kepala kampung bahwa BLT bukan hak kepala kampung, sebab dana itu disalurkan oleh Kementerian Sosial bukan Kementerian Desa.

Baca juga :   Bahas pembentukan Provinsi Papua Selatan, Panja Komisi II DPR rapat bersama para tokoh

“Selama ini kepala desa klaim bahwa itu hak mereka, sebenarnya itu salah, sebab dana itu disalurkan oleh Kementerian Sosial, sehingga kepala kampung tidak boleh intervensi TKSK. Mereka hanya cuma mendampingi karena TKSK setiap distrik itu satu orang, jadi ketika dia bertanggung jawab sekian kampung, itu tidak bisa, oleh karena itu minta pendampingan kepala kampung,” katanya. (*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130