Banjir di PLTMH Welesi Jayawijaya, PLN pastikan sudah atasi gangguan

PLTMH
Ilustrasi banjir. - Dok

Wamena, Jubi – Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Jayawijaya, Papua, berdampak pada Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH) Welesi, yang mengalami banjir. PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena memastikan sudah mengatasi gangguan akibat banjir.

Manager Bagian Pembangkit UP3 Wamena, Jumadi Hutapea, mengatakan tingginya curah hujan mengakibatkan debit air Sungai Welesi meningkat dan menggenangi bendungan atau waduk PLTMH, namun langsung bisa diatasi.

“Walaupun pekerjaan dilaksanakan dalam kondisi dan cuaca ekstrem di mana air PLTMH sangat dingin, namun tim tetap semangat dan mengutamakan K3 dalam bekerja, menggunakan alat pelindung diri sesuai standar yang berlaku,” kata Jumadi Hutapea, Wamena, Sabtu (2/4/2022).

Selama dua hari tim tersebut meminimalisasi kelebihan air yang masuk pada waduk intake bak penenang dan situasi sudah normal, sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan terjadi pemadaman akibat gangguan.

“Tim teknis UP3 Wamena dipimpin supervisor pembangkit, mengerahkan 15 personel gabungan PLN UP3 Wamena, ULP Wamena Kota dan vendor PLN melakukan gerak cepat penanganan dan minimalisir dampak banjir selama dua hari berturut-turut di sekitar waduk PLTMH,” katanya.

Jumadi Hutapea mengatakan progres pekerjaan penanggulangan air di PLTMH Welesi dilakukan secara bertahap yaitu pemadaman mesin unit 6 dan 7 sementara waktu, sambil menunggu pekerjaan penanggulangan selesai.

“Untuk minimalisir dampak akibat pemadaman mesin PLTMH, pemasok daya listrik dibantu oleh PLTD dan PLTMH Sinakma sehingga dapat mengantisipasi permintaan daya dan beban puncak di Kota Wamena pada jam-jam tertentu,” katanya.

Setelah dilakukan perbaikan di sekitar bak penenang PLTMH Welesi, mesin unit 6 dan 7 sudah beroperasi secara normal kembali. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250