Papua No.1 News Portal | Jubi

Bandara Wamena akan berlakukan vaksin booster sebagai syarat perjalanan

Writer: Islami AdisubrataEditor: Dewi Wulandari
vaksin booster
Para penumpang pesawat saat tiba di Bandara Wamena akhir Juni 2022.-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Wamena akan kembali memberlakukan pemeriksaan kesehatan khususnya vaksin booster atau dosis ketiga bagi setiap calon penumpang pesawat yang hendak bepergian keluar/masuk melalui Bandara Wamena.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Wamena, Faisal Marasabessy, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (11/7/2022), mengatakan pemberlakuan hal itu dimulai 17 Juli 2022 mendatang.

“Yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen. Sementara bagi pelaku perjalananan yang baru mendapat vaksinasi dosis pertama atau kedua wajib menunjukkan hasil negatif PCR atau antigen, juga berlaku bagi calon penumpang usia 6-17 tahun,” katanya.

Baca juga :   Guru penggerak harus hadirkan terobosan pembelajaran

Hal ini dilakukan mengacu pada surat edaran satuan tugas penanganan Covid-19 Republik Indonesia nomor 21 tahun 2022. Untuk itu UPBU akan bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait membuka posko layananan vaksinasi Covid-19 di Bandara Wamena.

“Posko vaksinasi nantinya akan membuka layananan tidak hanya kepada calon penumpang pesawat, namun juga seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19, baik dosis pertama hingga ketiga, yang mulai dibuka 11 Juli 2022 hingga sebulan lamanya,” katanya.

Baca juga :   Pemuda Tabi dukung Kongres AMAN dan FDS di Kabupaten Jayapura

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, dr. Willy E. Mambieuw, menyebut cakupan vaksinasi di Jayawijaya memang belum memberikan hasil yang signifikan.

Pasalnya, dari sasaran itu target yang ingin dicapai masih belum setengahnya tercapai. Sehingga, dengan adanya lonjakan kasus Covid-19 di luar Jayawijaya, pihaknya tetap melakukan antisipasi.

“Khusus bagi teman-teman di layanan primer untuk tetap menjalankan vaksinasi, sosialisasi, penyuluhan ke masyarakat tentang pentingnya vaksinasi ini,” kata Willy Mambieuw. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250